Contoh Singkat Pidato Islam Dan Muqadimahnya


Contoh Pidato Islam

Contoh muqadimah pidato islam dalam bahasa arab, kadang pemilihan muqadimah seorang da’i temanya tidak sesuai dengan nasihat yang akan dia sampaikan, hal ini sangat penting menurut para pakar-pakar dakwah.

pembukaan-pidato-islam

pembukaan pidato islam

contoh kita akan nasihat tentang pernikahan tapi muqadimahnya berisi tentang ancaman siksa neraka. walaupun bisa saja di kait-kait kan dengan isi nasihat tapi secara umum itu tidak cocok. memang muqadimah dalam bahasa arab banyak yang tidak tahu sehingga audience menganggap itu bukan kesalahan yang di tunggu hanya nasihat lucunya saja, macam ustadz yang lucu yang sering nongol di layar tv.

Contoh Pidato Islam Dalam Muqadimah Pembukaan

Sedikit saya contohkan tentang muqadimah dalam pidato islam dengan bahasa arab :

الحمد لله الذي خلق الخلق والأخلاق والأرزاق والأفعال ، وله الشكر على إسباغ نعمه الظاهرة والباطنة بالإفضال ، والصلاة والسلام على نبيه ورسوله المختص بحسن الشمائل ، وعلى آله وأصحابه الموصوفين بالفواضل والفضائل ، وعلى أتباعه العلماء العاملين بما ثبت عنه بالدلائل . أما بعد

Ini adalah contoh muqadimah pidato tentang syukur kepada allah, yang isi nasihatnya nanti ya seputar syukur kepada allah. Syukur kepada allah meliputi, paling utama hidayah jelaskan tentang hidayah itu apa, apa manfaatnya ketika mendapat hidayah dan apa ancaman ketika tidak mendapat hidayah setelah itu nikmat kesehatan , nikmat kelonggaran dan nikmat-nikmat allah yang telah di berikan kepada kita baik yang dhohir maupun yang bathin, dan nanti yang terahir ditekankan sekali lagi begitupentingnya syukur karena syukur adalah perintah dari allah,dengan syukur nikmat kita akan di tambah oleh allah, allah ridho dengan kesyukuran kita, syukur adalah perintah allah kalau tidak syukur allah akan memberikan adzab yang sangat pedih. Itulah contoh pidato islam dalam hal syukur kepada nikmat allah.

Contoh Pidato islam dalam mencari ilmu

Di bawah ini adalah contoh muqadimah pidato islam kepada para pencari ilmu

الحمد لله الذي رفع من أراد به خيرا بالعلم والإيمان ، وخذل المعرضين عن الهدى وعرضهم لكل هلاك وهوان . وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، الكريم المنان ، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله الذي كمل الله له الفضائل والحسن والإحسان ، اللهم صل وسلم على محمد وعلى آله وأصحابه والتابعين لهم مدى الزمان

Setelah menyampaikan muqadimah pidato kemudian jelaskan tentang orang – orang yang mencari ilmu di antaranya sebagai berikut :

Setiap muslim diwajibkan baginya untuk mencari ilmu pengetahuan sebagaimana sabda Nabi SAW dalam sebuah hadist yang artinya :

Menuntut ilmu wajib bagi orang islam laki-laki dan islam perempuan.

Jadi menuntut ilmu merupakan hal yang diwajibkan bagi kita umat islam sekalipun jauh dan berada di negeri cina . Sabda Nabi SAW yang artinya :

Tuntutlah ilmu walaupun dinegeri cina

Oleh karena itu kita harus mempunyai jiwa semangat dalam menuntut ilmu, agar ibadah kita benar-benar berdasarkan ilmu , tidak semaunya saja. Orang shalat haruslah berdasarkan ilmu, sehingga tahu hal-hal yang membatalkan shalat. Orang berpuasa haruslah berdasarkan ilmu, agar puasa yang dilakukan tidak sia-sia. Jadi segala sesuatu pekerjaan yang dilakukan seseorang itu ada ilmunya. Dan seseorang mempunyai ilmu karena didapatkan dari belajar yang serius. Oleh karena pentingnya masalah ilmu pengetahuan sehingga umat islam diwajibkan untuk mencari ilmu dimanapun.

Tapi kita harus ingat, bahwa setelah kita mencari ilmu maka berkewajiban untuk mengamalkan dalam kehidupan ini, bila seseorang berilmu banyak kemudian tidak mau mengamalkannya maka ilmunya tidak bisa memberi manfaat kepada orang lain. Ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah.

Itulah contoh pidato islam serta muqadimahnya. Ingat muqadimah harus sama dengan isi pidato islam/ nasihat atau ceramahnya jangan salah kaprah sehingga tidak masuk kategori dakwah yang baik. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bila ada kekeliruan tentang penjelasan tersebut mohon di maafkan dan sekiranya bisa memberikan kritik dan masukannya terima kasih, jazakumullahu khairon.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di DAKWAH ISLAM dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s