Pandangan Islam Tentang Bahaya Rokok Bagi Manusia


Bahaya Rokok Bagi Manusia

Sesuatu yang memudharatkan dalam islam harus di jauhi, termasuk bahaya rokok yang jelas-jelas membahayakan penggunanya, sampai yang bikinpun membuat label bahwa rokok mengganggu kesehatan apalagi wanita hamil.

bahaya-rokok-bagi-kesehatan-manusia

bahaya rokok bagi kesehatan manusia

Maka dari itu selain dari sisi bahaya juga rokok tidak ada manfaatnya istilahnya kalau kita mengkonsumsinya percuma mudzir saja,,, maka orang islam seharusnya menghindari rokok adapun yang belum bisa berarti belum memahami kandungan fiqh tentang rokok, apa saja sih bahaya rokok ?

Bahaya Rokok Amerika

Sembilan label peringatan bahaya rokok, bergambar rokok telah diresmikan oleh Food and Drug Administration. Ke-9 peringatan bergambar baru tersebut tampak lebih besar, lebih terbaca dan grafis yang menggambarkan konsekuensi bahaya kesehatan dari merokok.

“Dengan peringatan ini, setiap orang yang mengambil sebungkus rokok akan tahu persis risiko apa yang bisa ambil,” Kathleen Sebelius, Sekretaris Pelayanan Kesehatan dan Masyarakat.

Sebelius menyebutkan merokok dan penggunaan tembakau lainnya adalah penyebab kematian nomor satu yang dapat dicegah di Amerika. Ia mengklaim rokok telah menyebabkan kematian lebih dari 440.000 jiwa per tahun.

Bungkus rokok Amerika yang baru kini akan menampilkan warna gambar hidup dan dengan salah satu peringatan dari bahaya merokok, yaitu:

1. Rokok adalah candu (Cigarettes are addictive)

Peringatan ini memuat gambar pria yang sedang merokok, tapi asap rokok bukan keluar dari Hidung melainkan dari lehernya yang bolong.

2. Asap tembakau dapat membahayakan anak-anak (Tobacco smoke can harm your children)

Peringatan ini memuat gambar seorang bayi yang sedang digendong ibunya yang disekelilingnya penuh asap rokok.

3. Rokok menyebabkan penyakit paru-paru fatal (Cigarettes cause fatal lung disease)

Peringatan ini memuat gambar perbandingan paru-paru sehat dan paru-paru yang rusak akibat rokok.

4. Rokok menyebabkan kanker (Cigarettes cause cancer)

Peringatan ini memuat gambar gigi dan bibir yang rusak karena kanker mulut.

5. Rokok menyebabkan stroke dan penyakit jantung (Cigarettes cause strokes and heart disease)

Peringatan ini memuat gambar pria yang memakai alat Bantu oksigen untuk menyelamatkan hidupnya akibat serangan jantung.

6. Merokok selama kehamilan dapat membahayakan bayi (Smoking during pregnancy can harm your baby)

Peringatan ini memuat gambar bayi baru lahir yang dimasukkan dalam inkubator karena kondisinya kritis.

7. Merokok dapat membunuh Anda (Smoking can kill you)

Peringatan ini memuat gambar pria yang sudah menutup mata dengan dada yang penuh jahitan operasi.

8. Asap tembakau menyebabkan penyakit paru-paru fatal pada non-perokok (Tobacco smoke causes fatal lung disease in nonsmokers)

Peringatan ini memuat gambar perempuan yang menangis histeris karena harus menanggung sakit paru-paru akibat menghisap asap dari perokok aktif.

9. Berhenti merokok sekarang sangat mengurangi risiko serius bagi kesehatan Anda (Quitting smoking now greatly reduces serious risks to your health).

Peringatan ini memuat gambar pria berkepala plontos yang terlihat bugar karena berhenti merokok.

Label peringatan bergambar tersebut direncanakan harus ada pada bungkus rokok pada bulan September 2012 dan akan mencakup bagian atas dari bungkus rokok, di kedua sisi depan dan belakang. Setidaknya 50 persen bungkus rokok harus tertutupi gambar seram tersebut.

Selain itu, peringatan harus mencakup minimal 20 persen dari iklan rokok. Iklan kecil kurang dari 12 inci (30 cm) tidak memerlukan cakupan 20 persen, tetapi masih harus memiliki peringatan.

Masing-masing peringatan juga akan memiliki nomor telepon  1-800-QUIT-NOW agar perokok bisa melakukan panggilan untuk mendapatkan bantuan jika mereka ingin berhenti merokok.

 Zat Ynag PAling berbahaya Dalam Rokok

Bahaya rokok adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker atau yang disebut dengan karsinogen. Nikotin mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, ini yang menyebabkan para pengguna rokok sulit sekali untuk berhenti merokok. Nikotin merupakan zat pada rokok yang beresiko menyebabkan penyakit jantung, 25 persen dari para pengidap penyakit jantung disebabkan oleh kegiatan merokok.

 Zat-zat yang Terkandung Dalam Rokok

 Karbon monoksida (CO). Gas CO adalah sejenis gas yang tidak memiliki bau. Unsur ini dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arang atau karbon. Gas CO yang dihasilkan sebatang rokok dapat mencapai 3 – 6%, gas ini dapat di hisap oleh siapa saja. Oleh orang yang merokok atau orang yang terdekat dengan si perokok, atau orang yang berada dalam satu ruangan. Seorang yang merokok hanya akan menghisap 1/3 bagian saja, yaitu arus yang tengah atau mid-stream, sedangkan arus pinggir (side – stream) akan tetap berada diluar. Sesudah itu perokok tidak akan menelan semua asap tetapi ia semburkan lagi keluar.

Gas CO mempunyai kemampuan mengikat hemoglobin (Hb) yang terdapat dalam sel darah merah (eritrosit) lebih kuat dibanding oksigen, sehingga setiap ada asap rokok disamping kadar oksigen udara yang sudah berkurang, ditambah lagi sel darah merah akan semakin kekurangan oksigen, oleh karena yang diangkut adalah CO dan bukan O2 (oksigen). Sel tubuh yang menderita kekurangan oksigen akan berusaha meningkatkan yaitu melalui kompensasi pembuluh darah dengan jalan menciut atau spasme. Bila proses spasme berlangsung lama dan terus menerus maka pembuluh darah akan mudah rusak dengan terjadinya proses aterosklerosis (penyempitan). Penyempitan pembuluh darah akan terjadi dimana-mana. Di otak, di jantung, di paru, di ginjal, di kaki, di saluran peranakan, di ari-ari pada wanita hamil.

Nikotin

Nikotin yang terkandung di dalam asap rokok antara 0.5 – 3 ng, dan semuanya diserap, sehingga di dalam cairan darah atau plasma antara 40 – 50 ng/ml.

Nikotin bukan merupakan komponen karsinogenik. Hasil pembusukan panas dari nikotin seperti dibensakridin, dibensokarbasol, dan nitrosamin-lah yang bersifat karsinogenik. Pada paru, nikotin dapat menghambat aktivitas silia. Seperti halnya heroin dan kokain, nikotin juga memiliki karakteristik efek adiktif dan psikoaktif. Perokok akan merasakan kenikmatan, kecemasan berkurang, toleransi dan keterikatan fisik. Hal itulah yang menyebabkan mengapa sekali merokok susah untuk berhenti.

Efek nikotin menyebabkan perangsangan terhadap hormon kathekolamin (adrenalin) yang bersifat memacu jantung dan tekanan darah. Jantung tidak diberikan kesempatan istirahat dan tekanan darah akan semakin meninggi, berakibat timbulnya hipertensi.

Efek lain merangsang berkelompoknya trombosit (sel pembekuan darah), trombosit akan menggumpal dan akhirnya akan menyumbat pembuluh darah yang sudah sempit akibat asap yang mengandung CO yang berasal dari rokok.

Tar

Tar adalah sejenis cairan kental berwarna coklat tua atau hitam yang merupakan substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Kadar tar pada rokok antara 0,5-35 mg per batang. Tar merupakan suatu zat karsinogen yang dapat menimbulkan kanker pada jalan nafas dan paru-paru.

Kadmium

Kadmium adalah zat yang dapat meracuni jaringan tubuh terutama ginjal. Kadmium merupakan salah satu jenis logam berat yang berbahaya karena elemen ini beresiko tinggi terhadap pembuluh darah. Kadmium berpengaruh terhadap manusia dalam jangka waktu panjang dan dapat terakumulasi pada tubuh khususnya hati dan ginjal. Secara prinsipil pada konsentrasi rendah berefek terhadap gangguan pada paru-paru, emphysema dan renal turbular disease yang kronis. Jumlah normal kadmium di tanah berada di bawah 1 ppm, tetapi angka tertinggi (1.700 ppm) dijumpai pada permukaan sample tanah yang diambil di dekat pertambangan biji seng (Zn). Kadmium lebih mudah diakumulasi oleh tanaman dibandingkan dengan ion logam berat lainnya seperti timbal. Logam berat ini bergabung bersama timbal dan merkuri sebagai the big three heavy metal yang memiliki tingkat bahaya tertinggi pada kesehatan manusia. Menurut badan dunia FAO/WHO, konsumsi per minggu yang ditoleransikan bagi manusia adalah 400-500 µg per orang atau 7 µg per kg berat badan.

Akrolein

Akrolein merupakan zat cair yang tidak berwarna seperti aldehid. Zat ini sedikit banyak mengandung kadar alcohol. Artinya, akrolein ini adalah alcohol yang cairannya telah diambil. Cairan ini sangat mengganggu kesehatan.

Amoniak

Amoniak merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri dari nitrogen dan hydrogen. Zat ini tajam baunya dan sangat merangsang. Begitu kerasnya racun yang ada pada ammonia sehingga jika masuk sedikit pun ke dalam peredaran darah akan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma.

Asam Format

Asam format merupakan sejenis cairan tidak berwarna yang bergerak bebas dan dapat membuat lepuh. Cairan ini sangat tajam dan menusuk baunya. Zat ini dapat menyebabkan seseorang seperti merasa digigit semut.

HidrogenSianida/HCN

Hidrogen sianida merupakan sejenis gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak memiliki rasa. Zat ini merupakan zat yang paling ringan, mudah terbakar dan sangat efisien untuk menghalangi pernapasan dan merusak saluran pernapasan. Sianida adalah salah satu zat yang mengandung racun yang sangat berbahaya. Sedikit saja sianida dimasukkan langsung ke dalam tubuh dapat mengakibatkan kematian.

NitrousOxid

Nitrous oxide merupakan sejenis gas yang tidak berwarna, dan bila terhisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan menyebabkan rasa sakit. Nitrous oxide ini adalah sejenis zat yang pada mulanya dapat digunakan sebagai pembius waktu melakukan operasi oleh dokter.

 11.   Formaldehid

Formaldehid adalah sejenis gas tidak berwarna dengan bau tajam. Gas ini tergolong sebagai pengawet dan pembasmi hama. Gas ini juga sangat beracun keras terhadap semua organisme hidup.

 12.   Fenol

Fenol adalah campuran dari kristal yang dihasilkan dari distilasi beberapa zat organic seperti kayu dan arang, serta diperoleh dari tar arang. Zat ini beracun dan membahayakan karena fenol ini terikat ke protein dan menghalangi aktivitas enzim.

 13.   Asetol

Asetol adalah hasil pemanasan aldehid (sejenis zat yang tidak berwarna yang bebas bergerak) dan mudah menguap dengan alcohol.

 14.   Hidrogensulfida

Hidrogen sulfida adalah sejenis gas yang beracun yang gampang terbakar dengan bau yang keras. Zat ini menghalangi oksidasi enzim (zat besi yang berisi pigmen).

 15.   Piridin

Piridin adalah sejenis cairan tidak berwarna dengan bau tajam. Zat ini dapat digunakan mengubah sifat alcohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.

 16.   MetilKlorida

Metil klorida adalah campuran dari zat-zat bervalensi satu antara hydrogen dan karbon merupakan unsurnya yang utama. Zat ini adalah senyawa organic yang beracun.

 17.   Metanol

Metanol adalah sejenis cairan ringan yang mudah menguap dan mudah terbakar. Meminum atau menghisap methanol mengakibatkan kebutaan dan bahkan kematian.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s