Sejarah Alquran Dan Keutamaan Alquran


Sejarah Alquran

Pada saat itu Nabi Muhammad SAW di nobatkan sebagai rasulullah atau utusan allah swt. Untuk menyampaikan risalah-Nya kepada seluruh umat. Sedangkan ayat alquran yang terakhir turun adalah surat al-maidah ayat 3, ayat tersebut turun pada tanggal 9 dzulhijjah tahun 10 hijriah di padang arafah ketika beliau sedang menunaikan ibadah haji wada’  ( haji perpisahan ), karena beberapa hari sesudah menerima wahyu tersebut nabi Muhammad SAW wafat.

ayat-alquran

ayat alquran

Alquran di wahyukan kepada nabi Muhammad saw, sebagian isinya menghapus sebagian syariat yang tertera dalam kitab-kitab terdahulu dan melengkapinya dengan hokum yang sesuai dengan hokum syariat yang sesuai dengan perkembangan zaman. Alquran merupakan kitab suci terlengkap dan abadi sepanjang masa, baerlaku bagi semua umat manusia sampai akhir zaman, serta pedoman dan petunjuk bagi manusia dalam menjalankan kehidupan di dunia agar tercapai kebahagiaan di akhirat, oleh karena itu , sebagai muslim kita tidak perlu meragukannya sama sekali. Firman allah :

Artinya : dan kami telah turunkan kepadamu alquran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab ( yang di turunkan sebelumnya ) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu … ( QS.Al-Maidah 48 )

Isi pokok kandungan al-quran adalah sebagai berikut :

  1. Aqidah atau keimanan
  2. Macam dan cara ibadah baik ibadah mahdhah maupun ibadah ghairu mahdhah
  3. Akhlak seorang hamba kepada khaliq, kepada sesame manusia dan alam sekitar
  4. Mu’amalah yaitu hubungan manusia dengan sesama manusia
  5. Wa’ad dan wa’id
  6. Kisah-kisah nabi dan rasul, orang-orang shaleh dan orang-orang yang ingkar
  7. Ilmu pengetahuan dan prediksi masa depan

Keistimeaan alquran

Sebagai kitab suci yang universal untuk umat manusia. Alquran memiliki keistimewaan yang tidak di miliki kitab-kitab lain. Keistimewaan-keisitmewaan itu ialah sebagai berikut :

  1. Orisinalitas alquran terjaga keaslianya sampai akhir zaman. Allah swt menjamin bahwa alquran akan terjaga sampai akhir zaman. Hal ini sebagaimana di sebutkan allah dalam firman-Nya yang termaktub dalam surat al-hijr ayat 9 berikut ini :

Artinya : Sesungguhnya kamilah yang menurunkan al-quran dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya.

  1. Bersifat universal, ajaran alquran berlaku untuk semua manusia pada semua masa dan tempat.
  2. Keindahan penyampaian, ketinggian bahasa, dan kerapian susunan ayat-ayat alquran tidak ada yang sanggup menandinginya.
  3. Alquran memberitahukan tentang kondisi umat pada masa ke lampau. Dalam alquran terdapat berbagai kisah umat terdahulu, baik yang ingkar, maupun yang taat kepada allah swt. Dari kisah-kisah tersebut kita dapat mengambil hikmahnya. Misalnya kisah kaum tsamud dan ‘Ad serta kaum Bani Israil.
  4. Alquran memberitahukan tentang kejadian yang akan datang, alquran juga mengabarkan kejadian yang akan dating. Misalnya kabar tentang jatuhnya bangsa Persia oleh Romawi ( QS.Arrum 1-3 ) janji allah akan kemenangan umat islam pada perang badar dan hari kiamat.
  5. Penemuan-penemuan ilmiah tercantum dalam alquran. Banyak ilmuwan yang menyelidiki berbagai fenomena alam yang terjadi, misalnya, tentang asal mula kejadian manusia. Ketika para ilmuwan mulai mengamati bagaimana proses kejadian manusia, alquran telah menjelaskan sejak 14 abad yang lalu.
  6. Alquran merupakan kitab yang paripurna. Kita harus menyakini bahwa setelah alquran tidak akan ada lagi agama maupun kitab suci yang di wahyukan allah. Alquran adalah mu’jizat paripurna sekaligus pedoman hidup bagi manusia seluruh zaman. Segala permasalahan hidup yang menimpa harus di kembalilkan ( di cari penyelesainya ) melalui alquran karena ia adalah kitab yang sempurna. Hal ini di firmankan allah dalam surat al-maidah ayat 3 berikut ini :

Artinya : … Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu  agamamu dan telah ku cukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah Ku Ridhai islam itu jadi agamamu …. ( QS. Al-Maidah 3 )

Kewajiban terhadap Al-Quran

Tak diragukan lagi, al-quran merupakan pegangan utama bagi umat islam. Al-quran merupakan penuntun pokok hidup kita. Oleh sebab itu sebagai muslim, kita mempunyai kewajiban terhadap alquran sebagai berikut :

  1. Menyakini dan mengimani
  2. Membacanya dengan tartil
  3. Merenungi dan memahami maknanya
  4. Mengamalkan isi ajaranya
  5. Mempelajari dan mengajarkannya

Nama-Nama Lain Alquran

Alquran mempunyai nama atau sebutan lain, diantaranya adalah :

  1. An-Nur yang artinya cahaya
  2. Al-Huda yang artinya petunjuk
  3. Al-Hukmu artinya keputusan
  4. Al-Khair artinya kebaikan
  5. Ar-Ruh artinya Jiwa
  6. Al-Bayan artinya Keterangan
  7. Al-Furqan artinya pembeda yang haq dan yang bathil
  8. As-Syifa artinya Obat
  9. Al-Hikmah artinya kebijaksanaan
  10. Ahsanul Hadist artinya perkataan baik
  11. Ahsanul Qashsah artinya kisah terbaik
Pos ini dipublikasikan di TEORI DAKWAH dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s