Masjid Nabawi di Madinah


Masjid Nabawi di Madinah – Saudi Arabia

Masjid Nabawi adalah masjidnya nabi yang berada di madinah, Rasulullah membeli tanah itu dari pemiliknya, yaitu dua orang anak yatim dari Bani Najjar. Beliau pun mengajak para sahabat untuk meratakan dan memfungsikan lahan tersebut. Pembangunan masjid pun dimulai. Rasulullah sendiri yang memimpin pembangunannya. Masjid tersebut dibangun menggunakan bebatuan, lumpur, batang kurma, dan dedaunan pohon kurma. Awalnya, luas masjid itu sekitar 60 x 70 hasta (sekitar 30 x 35 meter).

kubah-masjid-nabawi

Kubah Masjid Nabawi

Rasulullah menghadapkan masjid itu ke arah Baitul Maqdis sebagai kiblat pertama orang Islam. Pembangunan masjid ini selesai dalam waktu yang cukup singkat. Setelah itu, kaum Muslimin pun melaksanakan shalat di dalamnya dan diimami langsung oleh Rasulullah. masjid nabawi ini menjadi sentra orang islam,

biasanya selain di gunakan untuk beribadah sholat lima waktu dan shalat-shalat sunah di masjid juga untuk menghukumi atau untuk bermusyawarah untuk menentukan suatu perkara, seperti halnya dalam menentukan perang uhud juga nabi dan para sahabat bermufakat di dalam masjid ini, termasuk kejadian sahabat ka’ab yang tertunda taubatnya selama lima puluh hari, bermula beliau datang ke masjid untuk menemui nabi ketika nabi telah pulang dari tabuk,

dia mengikat dirinya di tiang masjid. orang munafik sebelumnya juga sumpah-sumpah tidak mengikuti perang tabuk dengan berbagai alasan. Dan fungsi yang lain adalah Masjid Nabawi juga difungsikan untuk menyusun strategi perang ketika jaman Nabi SAW.

1.fungsi politik: untuk menyusun strategi perang;

2.fungsi social: menampung fakir miskin;

3.fungsi kesehatan: tempat untuk mengobati korban perang;

4.fungsi ekonomi: sebagai tempat menghimpun zakat, tempat melatih orang-orang miskin di jaman itu untuk digembleng menjadi entrepreneur;

5.dan funsi-fungsi masjid Nabawi lainnya, yang jelas, Masjid Nabawi merupakan masjid yang diperuntukan sebagai pusat “central” kegiatan dari berbagai denyut kehidupan pada Masa Rasululloh SAW.

Sebenarnya semua masjid dalam islam itu sama, tidak ada perbedaan. Kita sering melihat di Negara kita, ada pelabelan khusus pada masjid, missal di sana masjid NU, di sana masjid Muhamadiyah, di sana masjid Ahmadiyah, dan pelabelan lainnya yang mengarah pada perpecahan umat. Padahal substansi dari masjid tidaklah demikian.

Indahnya Kubah Masjid Nabawi Saudi Arabia

masjid-nabawi

Masjid Nabawi

Mulai dari pintu gerbang utama King Fahd Gate sampai dinding dan tiang-tiang dalam masjid banyak dilapisi emas kuning dan ukiran, sehingga tampak berkilau indah ketika tertimpa cahaya lampu maupun sinar mentari. Beberapa kubah masjid nabawi dapat membuka dan menutup, dan di satu bagian masjid terdapat atap yang berbentuk seperti payung-payung persegi yang dapat mengembang dan menguncup ke tiangnya masing-masing pada jam-jam tertentu, sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik, Gerbang luar halaman Masjid dikelilingi hotel-hotel berbintangselain itu dapat terlihat dengan jelas pemandangan alam semesta yang begitu luas dan indah dari dalam masjid ini.  Tata kota di sekitar Masjid Nabawi pun begitu rapi dan teratur, bangunan gedung, pasar dan hotel-hotel menjulang tinggi terhampar di sekeliling masjid. Setiap gema Adzan berkumandang, semua aktivitas tiba-tiba langsung terhenti, toko-toko langsung ditutup oleh setiap pemiliknya untuk melaksanakan shalat berjama’ah di masjid terindah ini… Sungguh tempat yang sangat mengagumkan dan telah memberikan kesan yang sangat mendalam.

Keutamaan Shalat Di Masjid Nabawi

Paling utama dan paling pol pahal sholat itu di masjidil haram dan shalat di masjid nabawi. Sholat di masjid-masjid biasa selain dua masjid tersebut pahalanya sama, yaitu bila sholat berjamaah pahalanya hanya 25 atau 27 derajat itu kalau sholat berjamaah kalau sholat sendiri / fadzi pahalanya hanya satu, namun sholat di masjid nabawi itu mendapat keutamaan ……. Aku berdoa kepada allah mudah-mudahan bisa melaksanakan ibadah haji dan memperbanyak sholat di masjidil haram maupun di masjid nabawi, mungkin teman-teman ada yang mau mengajak aku pergi kesana silahkan,he,,he, ya sementara hanya bisa berdoa adapun yang mengabulkan adalah yang di atas aamiiiin. Berikut dalil yang menunjukan keutamaan sholat di masjid nabawi dan masjidil haram :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «صَلاَةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ، إِلَّا المَسْجِدَ الحَرَامَ * رواه البخاري

Artinya : dari abi hurairah , sesungguhnya nabi bersabda : sholat di masjidku itu lebih baik dari pada seribu shalat di selain masjidku kecuali shalat di masjidil haram.

Bahwa nilai 1x shalat di Masjid Nabawi sama dengan melakukan sholat sebanyak 1000 kali di tempat lain. Sedangkan nilai 1x shalat di Masjidil Haram sama dengan 100.000x shalat di masjid selain masjid Nabawi dan lainnya.

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” لَا تَشُدُّوا الرِّحَالَ إِلَّا إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ: مَسْجِدِي هَذَا، وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ، وَالْمَسْجِدِ الْأَقْصَى * رواه مسلم

Artinya : tidak di cepatkan suatu kendaraan kecuali pada tiga masjid , yaitu pada masjidku ini, masjidil haram, masjidil aqsa.

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «فَإِنِّي آخِرُ الْأَنْبِيَاءِ، وَإِنَّ مَسْجِدِي آخِرُ الْمَسَاجِدِ * رواه مسلم

Artinya : rasulullah bersabda, sesungguhnya aku adalah akhirnya para nabi, dan sesungguhnya masjidku ini adalah akhirnya beberapa masjid.

مَنْ جَاءَ مَسْجِدِي هَذَا، لَمْ يَأْتِهِ إِلَّا لِخَيْرٍ يَتَعَلَّمُهُ أَوْ يُعَلِّمُهُ، فَهُوَ بِمَنْزِلَةِ الْمُجَاهِدِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، وَمَنْ جَاءَ لِغَيْرِ ذَلِكَ، فَهُوَ بِمَنْزِلَةِ الرَّجُلِ يَنْظُرُ إِلَى مَتَاعِ غَيْرِهِ * رواه ابن ماجة

Artinya : barang siapa dating ke masjidku ini, dia  tidak dating kecuali karena kebaikan berupa belajar maupun mengajar, maka kedudukan dia seperti orang yang berjihad di dalam sabilillah, dan barang siapa dating pada selain itu seperti halnya seorang laki-laki yang melihat perhiasan orang lain.

Shalat di Masjidil Haram. Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah ra. Rasulullah saw. bersabda: Shalat di masjidku ini lebih afdhal dari 1000 sholat di masjid lainnya kecuali masjid Haram, dan sholat di masjid Haram lebih afdhal dari 100.000 sholat di masjid lainnya. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Subhanallah, sebuah keutamaan dan fadhilah yang luar biasa besar bagi hamba-Nya. Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan rahmat kepada kita, utamanya yang belum pernah merasakan nikmat besar berupa shalat di masjidil Haram dan masjid Nabawi, agar bisa berziarah ke Makkah dan Madinah. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Shalat di masjid Quba`. Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa yang keluar hingga sampai ke masjid ini, masjid Quba`, lalu sholat di dalamnya, maka baginya pahala yang sama dengan (pahala) umroh. (HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah).

Itulah beberapa fadhilah atau keutamaan masjid nabawi , masjidil haram dan masjidil aqsa, mudah-mudahan kita bisa berziarah kesana dan menunaikan ibadah haji sambil melaksanakan shalat-shalat di masjid tersebut.

Pos ini dipublikasikan di MASJID dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s