Keajaiban Sedekah Seorang Hamba


Keajaiban Sedekah

Keajaiban sedekah sudah menjadi hal biasa yang menjadi janji allah kepada hambanya, banyak orang yang bersedekah dengan niat karena maka akan di lipat gandakan namun sebaliknya banyak orang yang bersedekah hanya niat pamer, ingin di wah dan lain sebagianya, padahal sedekah yang berniat selain allah menjadikan ancaman akan di seret kedalam neraka, sebagaimana tiga orang yang beramal tidak karena allah dan menjadikan dia masuk neraka.

… وَرَجُلٌ وَسَّعَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَأَعْطَاهُ مِنْ أَصْنَافِ الْمَالِ كُلِّهِ، فَأُتِيَ بِهِ فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ، فَعَرَفَهَا، فَقَالَ: مَا عَمِلْتَ فِيهَا؟ قَالَ: مَا تَرَكْتُ مِنْ سَبِيلٍ تُحِبُّ ” قَالَ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ: ” وَلَمْ أَفْهَمْ تُحِبُّ كَمَا أَرَدْتُ أَنْ يُنْفَقَ فِيهَا إِلَّا أَنْفَقْتُ فِيهَا لَكَ، قَالَ: كَذَبْتَ وَلَكِنْ لِيُقَالَ إِنَّهُ جَوَادٌ، فَقَدْ قِيلَ، ثُمَّ أُمِرَ بِهِ، فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ، فَأُلْقِيَ فِي النَّارِ * رواه النسائى

keajaiban-sedekah

keajaiban sedekah

Artinya : Dan ada seorang laki-laki yang di beri segala keluasan macam-macamnya harta, kemudian dia di datangkan dan di perlihatkan nikmat-nikmatnya kemudian dia melihat nikmat tersebut. Kemudian dia di Tanya bagaimana pendapatmu tentang nikmat tersebut, rojul itu menjawab, aku tidak meniggalkan jalan yang ku senangi ( abu abdurahman berkata ) dan aku tidak faham seperti apa yang aku kehendaki, tidak aku infaki kecuali aku infaki, allah berfirman : dusta kamu, kamu beramal seperti itu agar di sebut dermawan , kemudian di katakan agar rojul tersebut di seret wajahnya kemudian di buang kedalam neraka.

Itu adalah sepenggal kisah sedekah orang yang bersedekah tetapi mempunyai niat agar di anggap orang yang dermawan, maka amalnya akan sia-sia.

Keajaiban Serta Keutamaan Sedekah

Seperti apa yang aku sebutkan di atas tadi bahwa sedekan akan mendapat ganti itu adalah keajaiban sedekah yang telah allah janjikan, dalam hadist khudsi allah berfirman :

قَالَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: يَا ابْنَ آدَمَ أَنْفِقْ أُنْفِقْ عَلَيْكَ * رواه مسلم

Artinya : allah yang maha barokah dan maha luhur berfirman : hai ibn adam infaklah, maka kamu akan di infaki.

Maksudnya ketika kita bersedekah allah menjanjikan akan mendapat ganti. Bahkan malaikatpun mendoakan orang yang infak akan di doakan ganti yang lebih baik, seperti hadist yang di riwayatkan imam muslim :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ، فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: اللهُمَّ، أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الْآخَرُ: اللهُمَّ، أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا * رواه مسلم

keutamaan-sedekah

keutamaan sedekah

Artinya : dari abi hurairah, rasulullah bersabda : tidak ada hamba yang pagi-pagian kecuali ada dua malaikat yang turum kemudian salah satu dari keduanya berdoa, ya allah semoga enggakau memberikan ganti pada orang yang infaq , dan malaikat yang lain berdoa, ya allah semoga engkau memberikan kerusakan kepada orang yang menahan.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ، وَمَا زَادَ اللَّهُ رَجُلًا بِعَفْوٍ إِلَّا عِزًّا، وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ» * رواه الترمذى

Artinya : sesungguhnya rasulullah bersabda , sedekah itu tidak mengurangi harta , allah tidak menambah seorang laki-laki yang suka memaafkan kecuali di tambahi kemulyaan, tidak ada seseorang yang rendah diri dengan karena allah kecuali allah mengangkat derajatnya.

Dan masih banyak lagi dalil – dalil yang menjelaskan keajaiban sedekah seorang hamba.

Kisah Keajaiban Sedekah Seorang Hamba

kisah keajaiban sedekah hamba ini mengenai Pak Husni dan Ibu Juriyah, dalam hal semua jenis iuran sosial, keluarga Husni termasuk yang paling mendahulukan. Kondisi ini berbeda dengan para tetangga mereka yang notebane adalah orang kaya dengan aktivitas dan keuangan yang tergolong lancar dan berlebih. Tapi itulah anehnya, yang mampu-mampu justru kebanyakan absen dan tidak pernah mengisi iuran kegiatan sosial seperti pembangunan Masjid, perbaikan jalan maupun sarana umum yang lain.

Suatu saat Ibu Juriyah sedang sibuk membersihkan halaman rumahnya sedangkan Pak Husni sibuk menyiangi pohon mangganya yang sangat rimbun. Seorang nenek tua tiba-tiba datang sembari berkata pada Ibu Juriyah. “Penghuni rumah ini tidak akan kekurangan harta selama hidupnya”. Nenek tua itu secara spontan mengucapkan kata-kata tersebut di depan Ibu Juriyah dan lantas ia pergi begitu saja tanpa penjelasan. Sebaliknya Ibu Juriyah sama sekali tidak mengerti maksud dan ucapan Nenek tua yang tidak dikenalnya itu.

Pak Husni dan Ibu Juriyah selalu menyisihkan setiap hasil panennya untuk zakat dan sedekah. Bahkan mereka tidak pernah melewatkan kesempatan untuk sedekah. Siapapapun yang datang apalagi ia sampai menyampaikan kehendak hatinya untuk meminta uang, ia langsung memberikan apapun yang mereka miliki di rumah itu tanpa banyak komentar. Tidak heran jika Pak Husni tidak pernah mengalami kesulitan keuangan, makanan dan sebagainya. Hal yang sering dilakukan yang menurut tetangganya adalah menengok tetangganya yang sakit baik sakit ringan maupun sakit berat. Bahkan mereka tidak canggung untuk membawa keluarga si sakit ke rumah sakit dengan membiayai semua biaya perawatan dan pengobatannnya.

Inilah perbincangan tamu pak husni : Saya dulu itu sebeltulnya pernah ditolong Bapak, saat itu saya tidak mempunyai tiket dalam perjalanan dari Jakarta ke jogjakarta dan berkat pertolongan Bapak saya tidak jadi diturunkan di tengah perjalanan.” cerita saudagar itu. “Subhanalloh,, saya sendiri sudah lupa peristiwa itu lhoPak?” Timpal Pak Husni. “Justru saya teringat terus dengan Bapak, saya juga tidak tahu alamat bapak, tapi dengan niat tulus ingin silaturahmi ya saya cari-cari alamat bapak di Cianjur ini, berkat Alloh SWT-lah saya bisa berjumpa kembali dengan Bapak.” Muka Pak Husni agak berkaca-kaca, Allloh sangatlah dekat, terutama dekat dengan orang-orang yang dekat dengan-Nya.

Setelah tamunya pulang Pak Husni langsung bergegas ke rumah saudara iparnya itu. Alangkah kagetnya setelah membuka amplop besar dari tamunya, rupanya isi amplop tidak hanya 30 juta rupiah tapi malahan 50 juta rupiah. Subhanallah keajaiban sedekah pak husni telah di perlihatkan allah kepada seorang husni. Jumlah uang itu diketahui setelah Pak Husni menghitung sejumlah 30 juta untuk membayar hutang, tidak tahunya kok uangnya masih sisa begitu banyak.Pak Husni hanya berdoa agar dapat membayar hutang sejumlah 30 juta, tapi Alloh SWT memberinya 50 juta.

Pos ini dipublikasikan di HIKMAH dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Keajaiban Sedekah Seorang Hamba

  1. Masnuri berkata:

    sangat menakjubkan dan perlu diteladani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s