Hidayah Allah Akan Lepas


Hidayah Allah

Teman-teman bahwa hidayah allah sangat mahal, allah bisa saja mencabut hidayah dari diri kita kalau kita tidak menjaga dan memepertahankan hidayah ini. Bila hidayah ini lepas dari diri kita maka ancaman siksaan yang kekal selamanya akan mengancam diri kita, kesedihan yang kekal selamanya, kesusahan yang kekal selamanya. Ingat teman – teman banyak orang tidak mengerti mana yang benar dan mana yang sesat, atau ada yang tahu tapi tidak dimudahkan baginya untuk mengamalkan kebenaran, malah ia gampang berbuat kesalahan.

hidayah-islam

HIDAYAH ISLAM

Hidayah berasal dari kata hadaya yang berarti telah memberi petunjuk; sedangkan taufik artinya kedamaian yang sempurna. Makhluk hidup yang bergerak (menurut pengertian bahasa manusia) terdiri dari manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Agar bisa bertahan hidup di dunia, selamat di akhirat (bagi manusia), maka makhluk diberi hidayah oleh allah swt. Kita dapat berjalan mantap di bawah cahaya yang terang benderang, sementara banyak orang yang tertatih meraba dalam kegelapan.

Kita tahu apa tujuan hidup kita dan kemana kita kan menuju. Sementara, ada orang-orang yang tidak tahu untuk apa sebenarnya mereka hidup. Bahkan kebanyakan mereka menganggap, mereka hidup hanya untuk dan di dunia saja, sekedar makan, minum, dan bersenang-senang di dalamnya lalu mati dan selesailah kehidupan. Apa namanya semua yang kita miliki ini, wahai saudara-saudariku, kalau bukan anugerah terbesar, nikmat yang tiada ternilai? Inilah hidayah dan taufiq dari allah subhanahu wa ta’ala kepada jalan-nya yang lurus.

Macamnya Hidayah Allah

Macam – macam Hidayah Allah Yang di Berikan Pada Makhluknya

                    1. Hidayah insting

                    2. Hidayah pancaindera

                    3. Hidayah akal

                    4. Hidayah dien

 Ada empat macam hidayah, yaitu: hidayah insting dan hidayah pancaindera untuk bertahan hidup, hidayah akal untuk selamat dan berkembang di dunia; hidayah dien untuk keselamatan dunia-akhirat.

Hidayah insting

hidayah-allah-swt

HIDAYAH ALLAH SWT

Hidayah insting diberikan kepada manusia dan binatang. Anak bebek yang baru menetas segera mencari air, sebaliknya anak ayam yang baru menetas tak akan menceburkan dirinya ke dalam air, padahal keduanya dierami oleh induk yang sama. Insting seperti ini juga terdapat pada manusia; misalnya insting menyelamatkan diri, insting untuk menetek pada bayi yang baru lahir.

Hidayah pancaindera

Hidayah pancaindera yaitu kemampuan melihat, mendengar, mencium, merasa, dan mengecap. Kemampuan ini pada manusia dan hewan tidak sama. Ada jenis hewan yang mampu mendengar dan mencium tanda-tanda kematian, gempa, jejak dsb. Karena manusia lebih banyak menggunakan akalnya, maka kemampuan pancainderanya kurang terlatih.

Hidayah akal

Hidayah akal diberikan kepada semua manusia. Binatang dan tumbuhan tidak diberi hidayah akal. Hal yang berkaitan dengan akal dapat dilihat pada sistematika akal nan empat.

Hidayah dien

Dalam bahasa Alquran, dien dikaitkan dengan beberapa kata lainnya seperti:

kisah-hidayah-allah

KISAH HIDAYAH ALLAH

– Dien ul haq: agama yang logis (QS. 9:229; 9:33; 48:28; 61:9)

– Dien ul kholishi: agama khusus/bersih (QS. 39:3)

– Dien ul qoyyiman: agama kukuh (QS. 6:1161)

– Dien ul qoyyimi: agama yang mengkukuhkkan (QS. 9:36; 12:40; 30:30; 30:43)

– Dien ul Allah: agama Allah (QS. 3:83;; 24:2; 110:2)

– Dien ul maliki: agama raja (QS. 12:76))

– Dien ul wasiban: agama berkelanjutan, selama-lamanya (QS. 16:52)

– Yaumi ad dien: hari pembalasan (QS. 116:52)

Sesuai dengan ayat-ayat Alquran tersebut di atas, dien hanya diberikan kepada orang-orang yang mengucapkan dua kalimat syahadat, “Laa ilaaha illaAllah, Muhammad ar rasulullah”. Islam itu aturannya lengkap ,Dapat diterima ilmu logika ,Awas waspada jerat perangkap , Mengajak umat menuju neraka , Banyak ideologi aliran sesat , Membuat muslimin jadi buta , Mereka korban tipu-siasat , Atau terbujuk hadiah harta

HIDAYAH Allah:

1. HIDAYAH yang bisa diberikan oleh MAKHLUQ, baik dari kalangan para nabi dan rasul, para da’i atau selain mereka. Ini dinamakan hidayah IRSYAD (bimbingan), DAKWAH dan BAYAN (keterangan). Hidayah inilah yang disebutkan dalam ayat:

وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

“Sesungguhnya engkau (ya Muhammad) benar-benar memberi hidayah/petunjuk kepada jalan yang lurus.” (Asy-Syura: 52)

arti-hidayah-allah

ARTI HIDAYAH ALLAH

2. HIDAYAH yang hanya bisa diberikan oleh Sang KHOLIQ Allah Subhanahu wa Ta’ala, tidak selain-Nya. Ini dinamakan hidayah TAUFIQ. Hidayah inilah yang ditiadakan pada diri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, terlebih selain beliau, dalam ayat:

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَـٰكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ

“Sesungguhnya engkau (ya Muhammad) tidak dapat memberi hidayah/petunjuk kepada orang yang engkau cintai, akan tetapi Allah lah yang memberi hidayah kepada siapa yang Dia kehendaki.” (QS. Al-Qashash: 56)

Yang namanya manusia, baik ia da’i atau selainnya, hanya dapat MEMBUKA JALAN di hadapan sesamanya. Ia memberikan penerangan dan bimbingan kepada mereka, mengajari mereka mana yang benar, mana yang salah. Adapun MEMASUKKAN orang lain KE DALAM HIDAYAH dan MEMASUKKAN IMAN KE DALAM HATI, maka tak ada seorang pun yang kuasa melakukannya, karena ini HAK ALLAH Subhanahu wa Ta’ala semata. (Al-Qaulul Mufid Syarhu Kitabit Tauhid, Ibnu Utsaimin, sebagaimana dinukil dalam Majmu’ Fatawa wa Rasa’il beliau )

sinetron-hidayah

SINETRON HIDAYAH

Mempertahankan Hidayah Allah

Hidayah Allah ini sangat mahal maka mempertahankanya juga dengan jalan yang susah pula. Karena kita di hadapakan dengan perkara yang bersebrangan, berlainan, atau berkebalikan. Di sisi lain dunia adalah penjara orang iman sisi lainya adalah surga bagi orang kafir. Mereka akan terus berusaha mempengaruhi kita agar terpengaruh pada mereka, mengikuti sumpah iblis yang akan menyesatkan seluruh anak adam. Kiat untuk mempertahankan hidayah supaya terus istiqomah dalam hidayah ini, dan selalu berdoa kepada allah agar menetapkan hidayah ini.

Pos ini dipublikasikan di FIQH dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s