Kuasa Allah Atas MakhlukNYA


Kuasa Allah

Kuasa Allah atas hambanya tak terbatas tanpa padang dari ras mana, tua muda, kaya miskin dan lain-lain. Jika allah mengghendaki tidak akan lepas dari kehendak Allah, Karena Allah berkuasa atas segala Sesutu, apa yang Allah kehendaki akan terwujud dan sesuatu yang tidak di kehendaki Allah tidak akan terwujud sebagimana firman Allah dan sabda Rasulullah :

إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ * سورة البقرة 20

Artinya : Sesungguhnya Allah Kuasa Atas segala sesuatu.

يَدِيعُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَإِذَا قَضَىٰ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ * سورة البقرة 117

Artinya : Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: “Jadilah!” Lalu jadilah ia.

أَنَّ مَا أَصَابَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَكَ، وَمَا أَخْطَأَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيبَكَ … الحديث * رواه ابو داود

Artinya : sesungguhnya apa-apa yang menimpamu tidak akan lepas darimu dan apa-apa yang lepas darimu tidak akan menimpamu.

Kekuasaan Allah atas hambanya baik itu sesuatu yang baik menurut kita ataupun sesuatu yang jelek menurut kita, itu bisa berubah bisa jadi apa yang kita anggap baik itu jelek bagi kita atau sesautu yang kita anggap baik bisa jadi jelek untuk kita. Firman Allah dalam AL-Quran :

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ * البقرة 216

Artinya : Barangkali ( pasti ) sesuatu yang kau benci itu baik bagimu dan barangkali ( pasti ) jika sesuatu yang senangi itu jelek bagimu, Allah itu maha mengetahui dan kalian tidak mengetahui.

kuasa-allah-ta'ala

Kuasa Allah Ta’ala

Dengan dasar ayat tersebut kita harus berserah diri kepada Allah apa yang ada pada kita harus kita husnudhon atau bahasa kerennya positif thinking atau berpikir positip pada apa saja yang menimpa kita.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي، وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِي، فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي، وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي مَلَإٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلَإٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ، وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَيَّ بِشِبْرٍ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا، وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَيَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا، وَإِنْ أَتَانِي يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً * رواه البخاري

Artinya : Rasulullah berkata, Allah yang maha luhur berfirman, Aku di sisi persangkaan hambaku, aku bersamanya ketika dia ingat padaku, jika dia ingat padaku dalam dirinya maka aku ingat dia dalam diriku,jika dia ingat padaku dalam sebuah perkumpulan maka aku akan ingat dia dalam perkumpulan yang lebih baik daripada mereka,jika dia mendekat kepadaku satu jenkal maka aku mendekat kepadanya satu dziro’, jika dia medekat kepadaku satu dziro’ maka aku akan mendekat lebih jauh lagi, jika dia dating padaku dengan berjalan maka aku akan dating dengan bergegas.

Tidak ada ruginya ketika kita selalu ingat kepada Allah, selalu tafakkur atas kuasa Allah akan manambah iman kita, menambah keyakinan kita kepada Allah.

Beberapa Cerita Atas Kuasa Allah Pada Hamba

Kuasa Allah atas hambanya bisa kita tengok tentang  mak yati seorang pemulung dari Pasuruan Jawa Timur, yang berkurban dua ekor kambing, diganjar rezeki puluhan kali lipat. Mak Yati diberi uang, biaya naik haji bahkan dibuatkan sebuah rumah di Pasuruan. Ini adalah bukti pembuktian atas janji Allah pada hambanya. Kuasa Allah tidak berhenti sampai di situ, seorang office boy sebuah bank swasta , menemukan uang 100 juta tergeletak di lantai begitu saja, anpa pikir panjang, Agus yang terkaget-kaget melihat tumpukan uang langsung melaporkan ke petugas keamanan. Sambil terus menyebut nama tuhan, Agus tak berniat mengambil selebar pun uang yang tersebut. Atas Kejujuranya Agus dan istri mendapat hadiah haji, tapi sebagai permulaan untuk pergi umroh. Semua dokumen akan diurus sampai pulang lagi ke rumah, dan anak-anak akan dijaga.

kuasa-allah-di-dunia

Kuasa Allah Di Dunia

Nabi Isa Alaihi Salam bisa menebak makanan apa yang mereka simpan, bisa mengobati orang yang sakit asal, bisa menghidupkan orang yang mati. Nabi yusuf bisa menta’wil mimpi seseorang , sampai beliau mendapat mendapat kemuliaan menjadi mentri dan menjadi raja. Nabi Sulaiman AS, atas kuasa Allah bisa menguasai hewan-hewan dan bangsa jin tunduk kepada beliau.

Rasulullah bersabda :

عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَطْفِئُوا المَصَابِيحَ بِاللَّيْلِ إِذَا رَقَدْتُمْ، وَغَلِّقُوا الأَبْوَابَ، وَأَوْكُوا الأَسْقِيَةَ، وَخَمِّرُوا الطَّعَامَ وَالشَّرَابَ – قَالَ هَمَّامٌ: وَأَحْسِبُهُ قَالَ – وَلَوْ بِعُودٍ يَعْرُضُهُ * رواه البخاري

Artinya : Dari Jabir, Rasulullah bersabda, ketika kamu akan tidur malam tutuplah pintu, kuncilah pintu, ikatlah griba, tutupilah makanan dan minuman, Hamam berkata aku menyangka Atho’ berkata , walaupun hanya melintangkan kayu di atas makanan atau minuman.

Atas dasar dalil ini kuasa Allah di buktikan oleh Ahli biologi Joan Robert, Ia mengatakan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tdk ada cahaya, Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi & mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

kuasa-allah-tsunami-jepun

Kuasa Allah Pada Batu

Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari, sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melatonin terhenti..

Pentingnya tidur di malam hari dengan mematikan lampu juga diteliti oleh para ilmuwan dari inggris, Peneliti menemukan bahwa ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekpresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia yang diadakan di London juga menyatakan bahwa orang bisa menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur di malam hari dibandingkan dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.

Bagaimana Cara Mengimani Kuasa Allah Di Sekitar Kita

Cara mengimani atas kuasa Allah adalah termasuk dengan kita melihat alam di sekitar kita, melihat bulan, bintang, matahari,bumi, gunung dalan masih banyak lainya yang bisa menjadikan kita bertambak keimanan, sebagaimana dalil – dalil di bawah ini yang menjelaskan bagaimana kita supaya bisa mendapatkan keimanan dari alam semesta ini :

قَدْ خَلَتْ مِن قَبْلِكُمْ سُنَنٌ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ * سورة ال عمران 137

Artinya : Sesungguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah , Karena itu berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).

Yang dimaksud dengan sunnah Allah di sini ialah hukuman-hukuman Allah yang berupa malapetaka, bencana atas kuasa Allah ditimpakan kepada orang-orang yang mendustakan rasul.

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَّسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ ۖ فَمِنْهُم مَّنْ هَدَى اللَّهُ وَمِنْهُم مَّنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلَالَةُ ۚ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ * النحل 36

Artinya : Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu”, maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).

هُوَ الَّذِي جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءً وَالْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ ۚ مَا خَلَقَ اللَّهُ ذَٰلِكَ إِلَّا بِالْحَقِّ ۚ يُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ * سورة يونس 5

Artinya : Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

Maksudnya: Allah menjadikan semua yang disebutkan itu bukanlah dengan percuma, melainkan dengan penuh hikmah.

tak-tersembunyi-kuasa-allah-lirik

Kuasa Allah Yang Tersembunyi

Menurut Ilmu Astronomi, matahari bergerak dengan kecepatan 720 ribu km per jam ke arah bintang Vega dalam sebuah garis edar yang disebut Solar Apex. Matahari bergerak sejauh kurang lebih 17.280.000 kilometer dalam sehari. Bersama matahari, semua planet dan satelit dalam sistem gravitasi matahari juga ikut berjalan. Selanjutnya, semua bintang di alam semesta berada dalam suatu gerakan serupa yang terencana. Semua benda langit termasuk planet, satelit yang mengiringi planet, bintang, dan bahkan galaksi, memiliki orbit atau garis edar mereka masing-masing. Semua orbit ini telah ditetapkan berdasarkan perhitungan yang sangat teliti dengan cermat. Yang membangun dan memelihara tatanan sempurna ini adalah Allah, Pencipta seluruh sekalian alam.
Garis edar di alam semesta tidak hanya dimiliki oleh benda-benda angkasa. Galaksi-galaksi pun berjalan pada kecepatan luar biasa dalam suatu garis peredaran yang terhitung dan terencana. Selama pergerakan ini, tak satupun dari benda-benda angkasa ini memotong lintasan yang lain, atau bertabrakan dengan lainnya. Bahkan, telah teramati bahwa sejumlah galaksi berpapasan satu sama lain tanpa satu pun dari bagian-bagiannya saling bersentuhan.

Hal tersebut tertulis dalam Alquran sejak abad ke-7 M. Pada zaman itu manusia tidak mempunyai teleskop / teknologi canggih ,tidak pula pengetahuan fisika ataupun astronomi modern. Dalam Alquran disebutkan kuasa Allah bahwa matahari dan bulan bergerak dalam orbit atau garis edar tertentu.

Pos ini dipublikasikan di MASJID dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s