Apakah Sabar Itu ?


  1. Apakah Sabar itu menurut Islam ?

Kesabaran telah di perintahkan oleh Allah dalam Al-Qur’an :

وَاصْبِرُواْ إِنَّ اللّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ(الأنفال46)

Artinya : Kalian sabarlah sesungguhnya Allah bersama orang yang sabar.

وَاصْبِرْ وَمَا صَبْرُكَ إِلَّا بِاللَّهِ(النحل: من الآية127)

Artinya : Sabarlah tidak ada kesabaranmu kecuali karean pertolongan Allah.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوفْ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الأَمَوَالِ وَالأنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ * الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُواْ إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعونَ * أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِّن رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ(البقرة155-157

Atinya : Niscahya sungguh aku akan menguji kalian dengan sesuatu dari rasa takut, kelaparan,kekurangan harta,diri,buah-buahan dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang sabar. Mereka akan mendapat sholawat dan rohmat dari Allah, dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.

Sabar itu wajib dan mencegah mencegah lisan dari meratapi nasib, mencegah tangan dari memukul-mukul wajah dan mencegah tercegahnya pahala.

Sa’id Bin Jubair mengatakan Sabar Adalah Pengaduan Seorang Hamba Kepada Allah Atas musibah Yang Menimpanya Dan Ketabahannya Disisi Allah Dengan mengharapkan Pahala Dari Sisi Allah , Dengan Masalah ia Tetap Tegar Dan tidak Melihat Pilihan Lain Kecuali Sabar. Sabar menurut bahasa adalah menahan. Dan menurut istilah, sabar adalah menahan diri dari kesusahan dan menyikapinya sesuai syariah dan akal, menjaga lisan dari celaan, dan menahan anggota badan dari berbuat dosa dan sebagainya.

kesabaran-hati

Kesabaran HAti

Sabar Atas ketaatan pada Allah adalah termasuk amalan orang-orang sholih itu ada tiga perkara :

a. Sabar dalam amal sholih yang niatnya mukhlis karna Allah

b. Waktunya sabar

c. setelah menyelesaikan suatu amal itu tidak sombong karena karena semua adalah kefadolan dari Allah dan itu tanda amalan karena ridho Allah

  1. Bagaimana caranya sabar ?

3. Apa fahala tentang sabar ?

Pertama Sabar atas ketaatan

Kedua Sabar atas maksiat

ketiga sabar atas qodar-qodar Allah

 Sabar Atas ketaatan pada Allah adalah termasuk amalan orang-orang sholih itu ada tiga perkara

a. Sabar dalam amal sholih yang niatnya mukhlis karna Allah

b. Waktunya sabar

c. setelah menyelesaikan suatu amal itu tidak sombong karena karena semua adalah kefadolan dari Allah dan itu tanda amalan karena ridho Allah

Sabar Atas Kemaksiatan

doa-kesabaran

Doa Sabar

Kesabaran atas kemaksiatan ini mewajibkan cintanya Allah yang menjadikan malu pada Allah, sabar atas manusia karena cinta pada Allah sesungguhnya kemaksiatan itu adalah kecelakaan.Sesungguhnya besarnya fahala beserta besarnya cobaan, sesungguhnya Allah ketika mencintai suatu kaum maka ALlah akan mencobanya, barang siapa ridho dalam cobaanya maka ALlah akan ridho padanya barang siapa marah maka Allah akan marah padanya Tingginya derajat ketika manusia itu merasakan kesusahan, tercegah maka dia merasa bahwa itu dari Allah, Rasulullah berkata barang siapa yang merasakan musibah pada dirinya kemudian menyimpanya maka dia wajib mendapatkan ampunan dair Allah,aadapun kesabaran atas kodar-kodar Allah, sabar ketika sakit, seperti cerita ada seorang wanita sakit nabi berkata padanya jika kamu sabar maka Allah akan memasukan kamu kedalam sorga, atau jika kamu mau akan aku doakan supaya kamu sembuh, perempuan itu berkata jangan doakan aku supaya sembuh biarkan aku sakit dan segala kejelekanku hilang semua.

Sabar Itu Ada Tiga Tempat

1. Sabar dengan Allah

2. SAbar Karna Allah

3. SAbar Bersama Allah

a. Sabar dengan Allah maknanya adalah pertolangan karena dari Allah ( واصبر وما صبرك الا بالله ) artinya jika Allah tidak memberi kesabaran padamu maka kamu tidak akan sabar.

b. Sobar Karna Allah yang menjadikan sabar atas cinta Allah ta’ala, mendekatkan diri kepada Allah,

Keutamaan Orang Yang Sabar

Allah heran dengan kesabaran seorang iman :

عَنْ صُهَيْبٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ، إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ، فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ، صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ * رواه مسلم

kesabaran-in-english

Kesabran

 Artinya : Allah itu heran pada perkaranya orang iman,sesungguhnya semua perkara orang iman itu baik, dan tidak ada pada diri sesorang kecuali dia orang iman, orang-orang iman ketika mendapat kebaikan kemudain dia syukur maka itu baik baginya,jika tertimpa musibah di sabar, maka kesabarannya baik baginya.

إِنَّ عِظَمَ الجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ البَلَاءِ، وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلَاهُمْ، فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا، وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ * رواه الترمذي

Artinya besarnya pahala bersama besarnya cobaan, sesungguhnya allah ketika cinta pada suatu kaum maka allah akan mencobanya, barang siapa ridho maka allah akan ridho padanya barang siapa marah makan allah akan muraka padanya.

c. Agar alah menjadikan dirinya terjaga dari perkara Allah, dan kecintaan Allah, ini adalah macamnya sabar yang paling berat, dan ujungnya adalah kesabranya orang yang sungguh.

melatih-kesabaran

Melatih Kesabaran

Insya Allah telah banyak pemaparan tentang masalah kesabaran, yang prakteknya dalam kehidupan kita, apalagi semakin bertambahnya usia bisanya orang-orang akan semakin sedikti kesabaranya, maka kadang banyak kakek-kakek, nenek-nenek sering bentak-bentak karena kesabaran mereka mulai berkurang. Tips Agar Bisa Sabar

1.Jangan terlalu memikirkan mengenai masalah

2.Terimalah hakikat hidup ini.

3.Jangan berfikir anda dalam keadaan benar.

4.Bersikaplah adil.

5.Jangan punya pikiran tau kebaikan untuk orang lain.

6.Berpikir positip.

7.Banyak banca ilmu pengetahuan, ini akan mengetahui kekuarangan kita.

8.Berkumpul dengan orang lain.

9.Berlatih memasukan benang dalam jarum, pilih obang jarum yang paling kecil.

10.Memaafkan kekurangan dan kesalahan orang lain.

Dan ingat, bahwa bertengkar dengan tetangganya sebenarnya bukan masalah besar bila  dibandingkan dengan hidup. Kenyataannya, hanya dengan satu pikiran, konflik bisa saja dengan mudah terhalau, tapi sekarang, karena pandangan yang sempit, persengketaan terus berlanjut yang menghabiskan banyak uang dengan sia-sia, dan menanbah kesengsaraan yang berkelanjutan. Jadi banyak sekali efek buruk yang timbul karena kurang sabar terhadap suatu kondisi.

Pos ini dipublikasikan di MASJID dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s