Apa Arti Kehidupan Dunia Ini


Kehidupan Dunia

Tiga puluh tahun yang lalu aku menjalani Kehidupan dunia ini, terasa sangat singkat seakan tidak tersisa sama sekali. Namun banyak hal yang bisa menjadi kenangan selama 30 tahun yang lalu, pahit getirnya kehidupan telah aku lalui, susah dan senangnya kehidupan begitu indahnya terukir dalam memori kehidupan ini, seakan ingin mengulang keindahan masa lalu, akan tetapi taqdir tidak demikian adanya. Hidup harus terus berjalan dan tak akan berhenti, meninggalkan segalanya tanpa menunggu kata.

hakikat-kehidupan-dunia

Hakikat KEhidupan Dunia

Kurang satu hari tahun ini akan memasuki tatanan kehidupan yang baru di tahun 2013, tepatnya pada hari selasa, banyak orang yang mengatakan tahun baru ini kita akan membuka lembaran kehidupan baru, menata ulang, mereset ulang, memulai dengan program baru dan setinggi harapan dan cita-cita maupun revolusi tahun 2013. Banyak orang yang berharap di tahun 2013 akan semakin baik, semakin meningkat, semakin tertib, segalanya seakan ingin lebih daripada tahun-tahun yang lalu, kegagalan yang pernah di alami tidak ingin terulang yang kesekian kalinya, yah .. itulah harapan kehidupan dunia, kita hanya bisa berkehendak namun sang penentu akan berkata lain.

Tentang Kehidupan Dunia

Banyak sekali dalil yang menggambarkan tentang kehidupan dunia ini, berikut ini adalah dalil tentang keduniaan :

Dunia adalah perkara kecil dan kesenagan yang sedikit,

قُلْ مَتَاعُ الدُّنْيَا قَلِيلٌ * سورة النساء: 77

Artinya : Katakanlah Muhammad kehidupan dunia itu sedikit.

كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيلٍ*  رواه البخاري

Artinya : Jadilah kamu di dunia seakan-akan orang yang asing atau orang yang melewati jalan.

ازْهَدْ فِي الدُّنْيَا يُحِبَّكَ اللَّهُ، وَازْهَدْ فِيمَا فِي أَيْدِي النَّاسِ يُحِبُّكَ النَّاسُ * رواه ابن ماجة

Artinya : Tingglkanlah dunia ini maka Allah akan cinta padamu, dan tinggalkanlah apa-apa yang ada di tangan manusia, maka manusia akan cinta pada kalian.

الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ، وَجَنَّةُ الْكَافِرِ * رواه مسلم

Artinya : Dunia itu penjara orang iman dan sorga orang kafir.

    لَوْ كَانَتِ الدُّنْيَا تَعْدِلُ عِنْدَ اللَّهِ جَنَاحَ بَعُوضَةٍ مَا سَقَى كَافِرًا مِنْهَا شَرْبَةَ مَاءٍ * رواه الترمذي

Artinya : Jika dunia itu di sisi Allah membandingi satu sayapnya nyamuk maka orang kafir tidak akan di beri minum walaupun satu teguk.

keseimbangan-hidup-di-dunia-dan-akhirat

Keseimbangan Dunia

 قال الإمام أحمد : حدثنا حسين ، حدثنا دويد ، عن أبي إسحاق ، عن زرعة ، عن عائشة ، رضي الله عنها ، قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” الدنيا دار من لا دار له ، ومال من لا مال له ، ولها يجمع من لا عقل له.

Artinya : Dunia itu rumahnya orang yang tidak memppunyai rumah di akhirat, dan harta dunia adalah bagi orang yang tidak punya harta di akhirat, dan yang mengumpulkan dunia adalah orang yang tidak mempunyai akal.

لَيْسَ خَيْرُكُمْ مَنْ تَرَكَ الدُّنْيَا لِلآخِرَةِ ، وَلا مَنْ تَرَكَ الآخِرَةَ لِلدُّنْيَا

Artinya : Tidak ada kebaikan bagi kalian yang meninggalkan dunia karena akhirat dan orang yang meninggalkan akhirat karena dunia.

«إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ، وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا فَنَاظِرٌ كَيْفَ تَعْمَلُونَ، أَلَا فَاتَّقُوا الدُّنْيَا وَاتَّقُوا النِّسَاءَ  *  رواه الترمذي

Artinya : Dunia itu hijau dan manis, Allah menjadikan kalian sebagai kholifah di dunia kemudian Allah akan melihat bagaimana kalian beramal, ingatlah kalian takutlah pada dunia dan wanita.

Dan masih banyak lagi dalil-dalil dalam al-quran muapun dalam al-hadist yang menjelaskan tentang hakikat dunia ini, intinya dunia adalah kenikmatan yang terbatas, kenikmatan yang sedikit, kesenangan yang semu, yang semuanya akan hilang dan tidak akan tersisa. Banyak sekali contoh tentang kehidupan dunia kita ini, bisa kita lihat dari diri kita masing-masing, orang-orang di sekitar kita, lingkungan di sekitar kita semuanya tidak ada yang kekal, dulu dunia ini yang di kenal penuh dengan alam yang hijau sekarang seluruh dunia mencanangkan go green, itu semua karena kerakusan manusia, kita yang dulu masih menjadi anak-anak tumbuh dewasa mungkin jadi orang ganteng… he,,he,, akhirnya sekarang gimana ? lihat saja kakek kita,,,

hidup-didunia-ibarat-seorang-perantau

Ibarat Hidup Di Dunia

dulu dia itu orang ganteng lho… buktinya ada ada bapak ibu kita, tapi sekarang mereka sudah tua, kesehatan mulai menurun, jalan sudah mulai nggak kuat. Dan khusus bagi orang iman dunia ini adalah penjara bagi kita, kita terbatas beda dengan orang-orang yang tidak ber iman, mereka oleh allah di biarkan menikmati dunia dengan segala fasilitasnya, dengan segala kenikmatannya, tetapi seperti dalil di atas menyebutkan bahwa rumah di dunia adalah milik orang yang tidak punya bagian rumah di akhirat nantinya, harta dunia adalah milik orang yang tidak akan mempunyai harta di akhirat,dan dunia menurut Allah adalah sesuatu yang sedikit, jika dunia di sisi Allah ada nilainya se sayapnya nyamuk  maka orang-orang kufur tidak akan di beri minum walaupaun satu teguk pun… weh,,,,weh.

Untuk apa Kehidupan Dunia Ini

Setelah Allah menciptakan langit bumi dan segala isinya akhirnya terbentuklah dunia, setelah kita terlahir di dunia ini mungkin itulah ungkapan pertanyaan yang perlu kita pelajari, untuk apa kehidupan dunia ini ? Berikut dalil dalil tentang hakikat kehidupan ini :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali agar menyembah kepadaku

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَّسُولاً أَنِ اعْبُدُواْ اللّهَ وَاجْتَنِبُواْ الطَّاغُوتَ

Artinya : Niscahya sungguh aku telah mengutus rasul dari setiap umat agar mereka menyembah Allah dan menjauhi thoghut.

وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Artinya : Allah telah menghukumi agar tidak menyembah kecuali kepada Allah dan agar berbuat baik kepada kedua orang tua.

وَاعْبُدُواْ اللّهَ وَلاَ تُشْرِكُواْ بِهِ شَيْئًا

Artinya : Menyembahlah kepada Allah dan jangan menyekutukan sesuatupun kepada Allah

قُلْ تَعَالَوْاْ أَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ أَلاَّ تُشْرِكُواْ بِهِ شَيْئًا

Artinya : Katakanlah Muhammad, kemarilah aku akan membacakan apa-apa yang telah Allah haromkan pada kalian dan kalian jangan menyekutukan sesuatu kepada Allah.

وعن معاذ بن جبل رضي الله عنه قال: كنت رديف النبي صلى الله عليه وسلم على حمار فقال لي: “يا معاذ أتدري ما حق الله على العباد، وما حق العباد على الله؟” فقلت: الله ورسوله أعلم. قال: “حق الله على العباد أن يعبدوه ولا يشركوا به شيئاً، وحق العباد على الله أن لا يعذب من لا يشرك به شيئاً” فقلت: يا رسول الله أفلا أبشر الناس؟ قال: “لا تبشرهم فيتكلوا *  أخرجاه في الصحيحين

Artinya : Mu’adz bin jabal berkata, ketika itu aku berada di boncenganya Nabi di atas himar, Nabi berkata, Hai mU’adz apa haknya Allah atas hamba dan haknya hamba atas Allah, aku menjawab, Allah dan Rasul yang lebih tahu, Nabi berkata : haknya Allah atas hamba adalah agar hamba menyembah kepada Allah dan tidak menyekutukan sesuatu pada Allah, dan haknya hamba atas Allah adalah agar Allah tidak menyiksa hamba yang tidak menyekutukan Allah pada sesuatu.Wahai rasulullah apakah aku tidak memberikan kabar gembira ini pada manusia, Nabi menjawab, jangan nanti manusia jadi pada bersandar.

Intinya kita di ciptakan ini aga menyembah Allah dalam kehidupan dunia ini, selai n itu tidak.

ikhtiar-hidup-di-dunia-dinosaur

IKhtiar Hidup Di Dunia

Pos ini dipublikasikan di MASJID dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s