Hidup Sederhana Menurut Islam


Hidup Itu Sederhana, Sesederhana ini

Hidup itu sederhana, sesederhana ini>>>Ada seseorang saat melamar kerja, memungut sampah kertas di lantai ke dalam tong sampah, dan hal itu terlihat oleh peng-interview, dan dia mendapatkan pekerjaan tersebut.

hidup-sederhana-menurut-islam

Hidup Sederhana Menurut Islam

“Ternyata untuk memperoleh penghargaan sangat mudah, cukup memelihara kebiasaan yang baik.”

Ada seorang anak menjadi murid di toko sepeda. Suatu saat ada seseorang yang mengantarkan sepeda rusak untuk diperbaiki di toko tsb.
Selain memperbaiki sepeda tersebut, si anak ini juga membersihkan sepeda hingga bersih mengkilap. Murid-murid lain menertawakan perbuatannya. Keesokan hari setelah sang empunya sepeda mengambil sepedanya, si adik kecil ditarik/diambil kerja di tempatnya.

“Ternyata untuk menjadi orang yang berhasil sangat mudah, cukup punya inisiatif sedikit saja.”

Seorang anak berkata kepada ibunya: “Ibu hari ini sangat cantik.”
Ibu menjawab: “Mengapa?”
Anak menjawab: “Karena hari ini ibu sama sekali tidak marah-marah.”

“”Ternyata untuk memiliki kecantikan sangatlah mudah, hanya perlu tidak marah-marah.”

Seorang petani menyuruh anaknya setiap hari bekerja giat di sawah.
Temannya berkata: “Tidak perlu menyuruh anakmu bekerja keras, Tanamanmu tetap akan tumbuh dengan subur.”
Petani menjawab: “Aku bukan sedang memupuk tanamanku, tapi aku sedang membina anakku.”

“Ternyata membina seorang anak sangat mudah, cukup membiarkan dia rajin bekerja.”

Seorang pelatih bola berkata kepada muridnya: “Jika sebuah bola jatuh ke dalam rerumputan, bagaimana cara mencarinya?”
Ada yang menjawab: “Cari mulai dari bagian tengah.”
Ada pula yang menjawab: “Cari di rerumputan yang cekung ke dalam.”
Dan ada yang menjawab: “Cari di rumput yang paling tinggi.”
Pelatih memberikan jawaban yang paling tepat: “Setapak demi setapak cari dari ujung rumput sebelah sini hingga ke rumput sebelah sana.”

“Ternyata jalan menuju keberhasilan sangat gampang, cukup melakukan segala sesuatunya setahap demi setahap secara berurutan, jangan meloncat-loncat.”

Katak yang tinggal di sawah berkata kepada katak yang tinggal di pinggir jalan: “Tempatmu terlalu berbahaya, tinggallah denganku.”
Katak di pinggir jalan menjawab: “Aku sudah terbiasa, malas untuk pindah.”
Beberapa hari kemudian katak sawah” menjenguk katak “pinggir jalan” dan menemukan bahwa si katak sudah mati dilindas mobil yang lewat.

“Ternyata sangat mudah menggenggam nasib kita sendiri, cukup hindari kemalasan saja.”

Ada segerombolan orang yang berjalan di padang pasir, semua berjalan dengan berat, sangat menderita, hanya satu orang yang berjalan dengan gembira.
Ada yang bertanya: “Mengapa engkau begitu santai?”
Dia menjawab sambil tertawa: “Karena barang bawaan saya sedikit.”

“Ternyata sangat mudah untuk memperoleh kegembiraan, cukup tidak serakah dan memiliki secukupnya saja.”

Mengajari Hidup Sederhana

Presiden China Larang Pejabat Militer Pakai Mobil Mewah
Para pejabat militer China tampaknya akan segera menjual mobil-mobil mewah mereka dan menggantinya dengan yang lebih sederhana. Hal ini karena pemerintah China akan melarang penggunaan plat militer untuk mobil-mobil mewah.

Aturan ini akan dikeluarkan oleh Komisi Pusat Militer China, dan juga untuk menekan tindakan korupsi pejabat dengan berperilaku sederhana, seperti yang diminta oleh Presiden Xi Jinping.

Seperti dikutip dari CNN, Senin (29/4/2013), plat militer yang dipasang di mobil seringkali disalahgunakan, seperti untuk menghiraukan rambu lalu lintas atau bisa melewati jalan tol dengan gratis. Nantinya mobil-mobil mewah yang menggunakan plat militer akan diganti dengan plat sipil.

“Dalam beberapa tahun ke depan, ketidaktertiban penggunaan mobil dinas militer telah menjadi perhatian publik. Beberapa pengguna internet bahkan memposting foto di mikroblog seperti Twitter tentang mobil limo yang menggunakan plat militer,” demikian dikutip dari Xinhua.

Pada aturan baru tersebut, plat dinas militer dilarang digunakan untuk mobil Mercedes-Benz, BMW, Lincoln, Cadillac, Volkswagen Phaeton, Bentley, Jaguar, dan Porsche. Kemudian ada juga Porsche Cayenne dan Audi Q7 yang dilarang. Jadi mobil dengan harga di atas US$ 73 ribu atau sekitar Rp 700 juta dilarang menggunakan plat dinas militer.

Seperti diketahui, saat ini penjualan mobil mewah di China sedang booming. Produsen mobil mewah berlomba-lomba untuk menjual produknya di China. Presiden Xi saat ini tengah menyatakan perang terhadap korupsi, yang menjadi prioritas utama pemerintahannya.

5 TIPS KIAT HIDUP SEDERHANA

Berikut adalah beberapa tips hidup sederhana yang dibagi oleh Chris Farrell, penulis buku New Frugality:

1.       Transformasi diri

Yang paling utama adalah kita harus mengubah cara pandang kita sendiri dari konsumerisme menjadi kesederhanaan. Konsumerisme seringkali berakar dari keegoisan diri untuk terlihat “lebih” dari orang lain. Di lain pihak, kesederhanaan berfokus pada orang-orang dan keadaan di sekitar kita. Saat jumlah orang miskin semakin bertambah banyak setiap harinya, kita seharusnya menjadi lebih prihatin dan tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu perlu. Salah satu contoh yang bisa kita tiru, kata Chris, adalah dengan meminimalisasi penggunaan kantong plastik untuk menjaga lingkungan. Berhemat sambil menjaga lingkungan bisa juga dilakukan, bukan?

2.       Cerdas dalam memilih

Hidup hemat dapat dicapai dengan mencari harga yang terbaik, bukan yang paling murah. Inilah pengertian yang salah kaprah dari orang-orang yang ingin hidup sederhana. Dalam buku ini, Chris lebih menyarankan untuk pintar-pintar memilih barang yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan dan tentunya sembari memotong pengeluaran.

3.       Aturan Baru

Keep it simple. Prinsip dasar dalam hidup sederhana ini sederhana saja, utamakan dulu kebutuhan dasar anda. Setelah kebutuhan dasar terpenuhi, lakukan investasi untuk diri sendiri, barulah keluarkan uang dengan bijaksana. Ini adalah aturan baru hidup sederhana yang pastinya efektif juga untuk membantu kita mendapatkan kestabilan finansial.

4.       Mulai hari ini juga

Cara paling ampuh untuk mewujudkan semua ini adalah dengan menjadikan kesederhanaan sebagai bagian hidup kita mulai hari ini. Pada awalnya mungkin susah, apalagi bagi kita yang dulunya miss jinjing sejati, tetapi dengan memulainya secepat mungkin dan menjalaninya hari demi hari akan membantu kita untuk menjadikan kesederhanaan sebagai bagian hidup kita. Cerdas dalam mengeluarkan setiap rupiah yang telah anda hasilkan tidak berarti anda tidak boleh memanjakan diri sendiri sama sekali, tetapi anda harus selalu menghitung setiap rupiah yang anda keluarkan. Menurut Chris, yang terpenting adalah cermat dalam setiap pengeluaran.

5.       Bijak dalam meminjam uang

Cara berhutang terbaik adalah dengan tidak berhutang sama sekali. Jadi pastikan bahwa setiap peminjaman yang anda lakukan dapat menghasilkan nilai lebih, misalnya untuk pendidikan. Selain itu, cobalah untuk melakukan peminjaman hanya pada saat anda memiliki margin aman. Dengan kata lain, jangan meminjam uang pada saat tagihan dan utang di tempat lain sedang menumpuk, sementara anda tidak memiliki simpanan apapun di tabungan.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di TEORI DAKWAH dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s