Siapa Yang Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan ?


Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan

Sebagaimana yang kita ketahui di kalangan orang iman itu ada tiga golongan, golongan yang pertama adalah golongan orang-orang yang berlomba-lomba dalam kebaikan ( fastabiqul khoirot ) ,

berlomba-lomba-dalam-kebaikan-dalam-islam

BERLOMBA LOMBA DALAM KEBAIKAN MENURUT ISLAM

golongan yang kedua adalah golongan orang-orang yang muqtasidun ( sedang ), golongan yang ketiga adalah golongan orang-orang yang dholimu linafsih ( menganiaya diri sendiri ). Tentu kita tidak mau menjadi golongan yang kedua bahkan golongan yang ke tiga, sebab golongan yang kedua di akhirat pada hari hisaban akan menemui hisaban yang sulit apalagi golongan yang ketiga akan mampir dulu masuk neraka. Keutamaan golongan yang berlomba-lomba dalam kebaikan adalah dia akan melewati jembatan di atas jahanam seperti kilat. Akan sangat cepat tanpa hisaban yang bertele-tele langsung sampai masuk surga.

Siapa Golongan Yang Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan ?

Golongan yang berlomba-lomba dalam kebaikan di jelaskan dalam surat Al-Mu’minun adalah orang takut akan hisaba jelek di hadapan Allah, orang yang iman pada ayat-ayatnya Allah, orang yang tidak menyekutukan Allah, orang yang hatinya selalu takut bila amal ibdahnya tidak di terima, sebagaimana ayat di bawah ini :

إِنَّ الَّذِينَ هُمْ مِنْ خَشْيَةِ رَبِّهِمْ مُشْفِقُونَ ، وَالَّذِينَ هُمْ بِآيَاتِ رَبِّهِمْ يُؤْمِنُونَ ، وَالَّذِينَ هُمْ بِرَبِّهِمْ لَا يُشْرِكُونَ ، وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَى رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ ، أُولَئِكَ يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَهُمْ لَهَا سَابِقُونَ * سورة المؤمنون 57-61

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang berhati-hati karena takut akan (azab) Tuhan mereka, Dan orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Tuhan mereka, Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan dengan Tuhan mereka (sesuatu apapun), Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka,  mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya.

berlomba-lomba-dalam-kebaikan-menurut-islam

BERLOMBA LOMBA DALAM KEBAIKAN

 فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَوَهَبْنَا لَهُ يَحْيَى وَأَصْلَحْنَا لَهُ زَوْجَهُ إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِينَ * سورة الانبيا 90

Artinya : Maka Kami memperkenankan doanya, dan Kami anugerahkan kepada nya Yahya dan Kami jadikan isterinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.

يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَأُولَٰئِكَ مِنَ الصَّالِحِينَ * سورة ال عمران 114

Artinya :  Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) pelbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh.

 وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ أَيْنَ مَا تَكُونُوا يَأْتِ بِكُمُ اللَّهُ جَمِيعًا إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ * سورة البقرة 148

Artinya : Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

berlomba-lomba-dalam-kebaikan-ppt

PENGERTIAN KEBAIKAN

Kandungan  ayat

1)      Masing-masing umat memiliki kiblatnya sendiri

2)      Kiblat umat Islam; yang pertama adalah Masjidil Aqsa di Palestina dan sekitar 17 bulan setelah Hijrah, arah kiblat menjadi ke Ka’bah di Masjidil Haram di kota Makkah yang merupakan kiblat kedua dan berlaku hingga akhir jaman.

3)      Perintah Allah untuk berlomba-lomba dalam kebaikan

4)      Di manapun manusia berada, kelak seluruh manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar untuk mempertanggungjawabkan seluruh amal perbuatannya

5)      Allah Maha kuasa atas segala sesuatu

6.      Perilaku yang sesuai

1)      Berkompetisi dalam amal kebaikan

2)      Menjauhi semua larangan Allah

3)      Giat beribadah

4)      Berhati-hati dalam bertindak karena sekecil apapun yang kita lakukan akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah

 Fastabiqul khoiroot / Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan adalah keistimewaan Islam

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ diantara setiap agama mempunyai keistimewaan-keistimewaan menonjol tetapi disana juga terdapat perbedaan bahwa agama-agama  lain hanya menyeru orang kepada kebaikan, tetapi Islam menyeru kepada perlombaan. Pertama, adalah lakukanlah kebaikan dan kemudian Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan dan berupayalah satu dengan yang lain untuk saling menyusul dalam kebaikan. Disini Allah menggunakan kata perlombaan yang di dalamnya kendati tidak didapatkan arti  kata cepat dan segera. Sebab, dari segi lughat andaikata dua orang  berjalan lambat sekalipun tetapi satu dengan yang lain, saling mendahului maka mereka telah melakukan perlombaan. oleh sebab  disini terdapat perintah bagi setiap orang untuk  berlomba. Kini jika seorang dengan upayanya dia  menyusul maka untuk yang lainpun terdapat juga perintah bahwa diapun juga harus menyusul ke depan. Maka  apabila dia akan  menyusul  duluan dari itu maka akan timbul upaya orang yang duluan untuk menyusul lebih depan. Jadi oleh karena kepada setiap orang terdapat perintah untuk terdepan dalam kebaikaan-kebaikan, maka  dengan demikian akan timbul sebuah perlombaan dalam  melakukan kebaikan-kebaikan. Sebagaimana riwayat yang telah diterangkan diawal tadi bahwa para sahabah sangat risau bahwa kenapa si fulan mendahului  kami.

kebaikan-dalam-islam

KEBAIKAN DALAM ISLAM

Jadi, menjadi  kewajiban bagi setiap mukmin bahwa sesuai dengan ajaran itu kita harus lebih maju dalam kebajikan-kebajikan dan berupaya  untuk menuju kepada posisi di depan. Dan melakukan kebaikan dengan segenap kemampuan dan bakat kita dalam  melakukan kebaikan-kebaikan. Di dalam diri  setiap orang Allah telah meletakkan berbagai kemampuan yang berbeda. Sekurang-kurangnya seyogianya setiap orang berbuat sesuai dengan itu. Allah tidak mengatakan bahwa  kalian harus mencapai segenap kebaikan dalam satu loncatan dan mencapai segenap standar yang tinggi kebaikan. Dia berfirman  bahwa kesuksesan kamu  terdapat di dalam upaya kamu yang  terus menerus  mengayunkan langkah-langkah kalian dalam kebaikan. Langkah kalian janganlah  terputus. Kalian terus meninggalkan keburukan-keburukan itu di belakang  dan kalian terus maju dalam kebaikan-kebaikan. Dan kemudian setiap orang lihatlah kepada  orang-orang yang lebih banyak kebaikan-kebaikannya, lihatlah ke arah orang yang melakukan kebaikan. Inilah perintah yang dari mana akan timbul ruh perlombaan.

Dan dan yang tidak kalah penting disamping untuk saling mendahului  dalam kebaikan-kebaikan, kita juga harus saling membantu satu sama lain. Seorang apabila sampai pada martabat kebaikan-kebaikan maka berupayalah  juga untuk membawa yang lain bersamanya, sebab  terdapat juga perintah bahwa apa yang kamu sukai untuk dirimu sukailah itu juga untuk orang lain. Jadi dengan demikian akan timbul suasana lomba   dalam kebaikan-kebaikan. Dan  sambil melihat satu dengan yang lain akan bangkit gairat untuk melakukan kebaikan, yang di dalamnya tidak akan ada rasa hasad dan iri. Tidak akan ada upaya untuk menimpakan kerugian pada orang lain,tetapi akan bangkit upaya untuk melakukan kebaikan.

pengertian-kebaikan

ARTI KEBAIKAN

عَنْ أَبِي ذَرٍّ، أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالُوا لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَا رَسُولَ اللهِ، ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُورِ بِالْأُجُورِ، يُصَلُّونَ كَمَا نُصَلِّي، وَيَصُومُونَ كَمَا نَصُومُ، وَيَتَصَدَّقُونَ بِفُضُولِ أَمْوَالِهِمْ، قَالَ: ” أَوَلَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللهُ لَكُمْ مَا تَصَّدَّقُونَ؟ إِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةً، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةٌ، وَفِي بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، أَيَأتِي أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُونُ لَهُ فِيهَا أَجْرٌ؟ قَالَ: «أَرَأَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِي حَرَامٍ أَكَانَ عَلَيْهِ فِيهَا وِزْرٌ؟ فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا فِي الْحَلَالِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ* رواه مسلم

Artinya : Dari Abu Dzarr radhiyallahu ‘anhu: bahwa segolongan shahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Ya Rasulullah, orang-orang kaya telah pergi dengan membawa pahala-pahala, mereka shalat sebagaimana kami pun shalat, mereka puasa sebagaimana kami pun puasa, tetapi mereka bisa bershadaqah dengan kelebihan harta mereka.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian apa-apa yang bisa kalian shadaqahkan? Sesungguhnya setiap tasbih adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah dan setiap tahlil adalah shadaqah; amar ma’ruf (menyuruh kepada kebaikan) adalah shadaqah, nahi munkar (mencegah dari kemunkaran) adalah shadaqah dan (bahkan) pada kemaluan salah seorang dari kalian terdapat shadaqah.” Mereka bertanya: “Ya Rasulullah, apakah salah seorang di antara kami yang menumpahkan syahwatnya itu memperoleh pahala?” Beliau bersabda: “Apa pendapat kalian, seandainya dia meletakkannya pada yang haram, bukankah dia memperoleh dosa? Maka demikian juga, seandainya dia meletakkannya pada yang halal maka dia memperoleh pahala.”

Mudah-mudahan kita termasuk dalam golongan Golongan Yang Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan, jangan sampai menjadi golongan yang ke dua maupun yang ketiga.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di TEORI DAKWAH dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Siapa Yang Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan ?

  1. nanang sulistiawan berkata:

    amiin .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s