Makna Lailahaillallah Dan Pengertianya


Makna Lailahaillallah

Maksud Makna Lailahaillah ialah tiada tuhan yang layak disembah hanya Allah. Lailahaillallah adalah konsekwensi dari mentauhidkan Allah, banyak orang yang merasa setelah mengucapkan kalimat Lailahaillallah bisa masuk surga, jawabanya ya tidak !!! tidak mungkin antara satu dalil dengan dalil lain itu ta’arud, atau bertentangan.

lailahailallah-al-malikul-haqqul-mubin

lailahailallah

Perlu ada kajian lebih lannjut mengenai kalimat Lailahaillallah tersebut. Banyak fakta di antara kita dalam mengucapkan kalimat syahadat tetapi amalan mereka tidak sesuai dengan syariat islam, bahkan yang mengaku islam ternyata amalanya sangat syirik melebihi kesyirikanya Abu jahal. Bagaimana tidak,  mereka mengucapkan kalimat Lailahaillallah tetapi mendatangi kuburan untuk minta washilah, percaya bahwa ada seeorang yang bisa mendatangkan manfaat dan kemudharatan, percaya bahwa Allah menyatu dengan mereka atau wahdatul wujud, pecaya pada suatu benda yang bisa mendatangkan bahaya dan menolak bahaya, menyembelih untuk selain Allah, nadhar untuk selain Allah, minta perlindungan pada selain Allah, minta hujan kepad selain Allah, mencari pertolongan pada selain Allah, melebih-lebihkan orang lain akhirnya mereka menyembahnya dan masih  banyak lagi model-model syirik lainya.

Keutamaan Makna  Lailahaillallah

Di dalam hadist-hadist shohih banyak di terangkan keutamaan Makna  Lailahaillallah, termasuk di antaranya adalah :

الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ * الانعام 82

Artinya : Orang-orang yang iman dan tidak mencampur keimanan dengan penganiayaan (syirik ) mereka akan mendapat keamanan dari siksa dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.

مَنْ شَهِدَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، وَأَنَّ عِيسَى عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ، وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِنْهُ، وَالجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، أَدْخَلَهُ اللَّهُ الجَنَّةَ عَلَى مَا كَانَ مِنَ العَمَلِ * رواه البخاري

Artinya : Barang siapa yang bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah dengan esaNya tidak ada yang menyekutukan kepada Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba Allah dan rasul Allah, dan sesungguhnya Isa adalah hamba Allah dan utusanNya, dan kalimat Allah yang di jatuhkan pada Maryam dan ruh dari Allah, suraga itu hak, neraka itu hak, maka Allah memasukan orang tersebut kedalam surga berdasarkan Amalnya.

lailahailallah-info

lailahailallah info

Syarat pengucapan Makna Lailahaillallah

Seperti apa yang aku katana tadi di atas bahwa makna Lailahaillallah itu tidak hanya sebatas ucapan. Di antara syaratnya adalah :

  1. Ilmu
  2. Yaqin
  3. Tashdiq
  4. Ikhlash
  5. Mahabbah
  6. Ihtiyat ‘Ala Hududiha
  7. Qobuli wal Manafi

1)      Ilmu yang Meniadakan Kebodohan

Ilmu adalah mengetahui petunjuk dan hidayah berdasarkan dalil dan seseorang yang mengucapkan kalimat Lailahaillallahu tidaklah dianggap sah dan diterima disisi Allah ucapannya tersebut sampai dia mengetahui makna dan kandungan serta konsekuensi dari Kalimat Lailahaillallah

majlis-nurul-musthofa-lailahailallah-download

Masjid Tauhid

2)       Keyakinan yang meniadakan keraguan

Maka sebuah keharusan bagi seseorang yang mengucapkan kalimat Lailahaillallah untuk mengimani kebenaran makna dan segala bentuk konsekuensi dari kalimat tauhid dengan keimanan yang kuat dan kokoh bahwasanya tanpa keraguan sedikitpun, karena yang dinamakan iman tidaklah dikatakan sebagai iman kecuali diiringi dengan pengetahuan yang yakin tanpa sedikitpun keraguan dan prasangka

3)      Menerima dengan Hati dan Lisan yang meniadakan Penolakan

Syarat ketiga yang wajib dipenuhi oleh seseorang yang mengucapkan kalimat Lailahaillallah adalah menerima dengan lisan dan hati kebenaran makna dan segala bentuk konsekuensi dari kalimat Lailahaillallah, dan beriman bahwanya hal itu adalah sebuah kebenaran dan keadilan, Allah ta’ala berfirman.

opick-lailahailallah-lirik

opick lailahailallah lirik

4)      Ketundukan dan Kepasrahan

Syarat selanjutnya dari kalimat Lailahaillallah  adalah ketundukan dan kepasrahan seluruh  anggota badan terhadap kalimat tauhid dengan melaksanakan segala bentuk makna dan konsekuensi yang timbul dari kalimat Lailahaillallah

5)        Kejujuran yang meniadakan Kebohongan

Syarat yang keenam adalah ketika dia mengucapkan kalimat Lailahaillallah dengan jujur dari dalam hatinya,  apa yang dia ucapkan sesuai dengan apa yang ada dalam hatinya.

6)      Ikhlas yang Meniadakan Syirik

            Sudah menjadi sebuah keniscayaan bagi siapa saja yang mengucapkan Lailahaillallah untuk membersihkan segala amal sholih dan niatnya dari berbagai macam kotoran kesyirikan.

7)      Cinta terhadap makna dan konsekuensi kalimat Lailahaillallah

Sebuah keniscayaan bagi seorang muslim untuk mencintai kalimat Tauhid dan segala bentuk konsekuensinya, mencintai orang-orang yang bertauhid, yaitu orang-orang yang mengamalkan dan meyakini makna dan konsekuensi kalimat tauhid dan berkomitmen dengan syarat-syarat Lailahaillallah.

Insya Allah demikin sedikit penjelasan tentang Makna Lailahaillallah.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di TEORI DAKWAH dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s