Kewajiban Sholat 5 Waktu


Sholat 5 Waktu Dalam Sehari Semalam

Sholat 5 waktu dalam sehari semalam adalahkewajiban yang telah di tentukan Allahpada saat isro’ mi’roj. Waktu itu Allah menentukan sholat selama sehari semalam 50 kali Ketika Rasulullah turun bertemu dengan dengan Nabi Musa, Nabi Musa bertanya Hai Muhammad apa yang Alloh perintahkan kepadamu, Rasulullah menjawab, Allah mewajibkan umatku melaksanakan sholat lima puluh kali, kembalilah umatmu tidak akan kuat melaksanakanya,

Rasulullah pun kembali dan kewajiban di kurangi separuhnya, Rasulullah turun dan bertemu dengan Nabi Musa lagi, Nabi Musa bertanya seperti tadi, dan Nabi Musa berkata kembalilah umatmu tidak akan kuat melaksanakanya, kemudian Rasulullah naik dan kewajiban di kurangi separuh, ketika bertemu dengan Nabi Musa, Nabi Musa berkata lagi dan meminta Rasulullah untuk kembali lagi, akhirnya kewajiban sholat menjadi lima kali dalam sehari semalam, ketika itu musa pun minta agar rasulullah kembali, tetapi Rasulullah menjawab aku malu sama Allah ( tapi sebenarnya kewajiban itu tidak akan berubah lagi ).

Sholat 5 waktu ibadah yang pertama kali di amalkan sebelum amal ibadah lainya

Ketika Nabi di Tanya tentang kewajiban seorang muslim yang pertama kali di sebutkan oleh rasulullah adalah sholat 5 waktu :

عَنْ أَبِيهِ، أَنَّهُ سَمِعَ طَلْحَةَ بْنَ عُبَيْدِ اللَّهِ يَقُولُ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ أَهْلِ نَجْدٍ ثَائِرَ الرَّأْسِ نَسْمَعُ دَوِيَّ صَوْتِهِ وَلَا نَفْهَمُ مَا يَقُولُ حَتَّى دَنَا، فَإِذَا هُوَ يَسْأَلُ عَنِ الْإِسْلَامِ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «خَمْسُ صَلَوَاتٍ فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ» . قَالَ: هَلْ عَلَيَّ غَيْرُهُنَّ؟ قَالَ: «لَا. إِلَّا أَنْ تَطَّوَّعَ» . قَالَ: وَصِيَامُ شَهْرِ رَمَضَانَ. قَالَ: هَلْ عَلَيَّ غَيْرُهُ؟ قَالَ: «لَا. إِلَّا أَنْ تَطَّوَّعَ» . وَذَكَرَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الزَّكَاةَ. قَالَ: هَلْ عَلَيَّ غَيْرُهَا؟ قَالَ: «لَا. إِلَّا أَنْ تَطَّوَّعَ» . فَأَدْبَرَ الرَّجُلُ وَهُوَ يَقُولُ: وَاللَّهِ لَا أَزِيدُ عَلَى هَذَا وَلَا أَنْقُصُ مِنْهُ. قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَفْلَحَ إِنْ صَدَقَ» * رواه النسائى

Artinya : Sesungguhnya Abih mendengar dari Tholhah bin Ubaidillah berkata , ada seorang laki-laki dari ahl najd datang kepada rasukukkah yang rambutnya kusut , suaranya bisik-bisik sehingga saya tidak bisa mendengar apa yang dia ucapkan, ketika itu dia bertanya tentang islam, rasulullah menjawab islam itu mewajibkan sholat 5 waktu dalam sehari semalam, rojul itu bertanya lagi apakah ada kewajiban lain selain itu, nabi menjawab tidak ada kecuali jika kamu ibadah sunnah, kemudain nabi berkata islam juga mewajibkan puasa di bulan romadhan, rojul itu bertanya lagi apakah ada kewajiban lain selain itu, nabi menjawab tidak ada kecuali jika kamu ibadah sunnah, dan rasulullah menyebutkan tentang zakat, rojul itu bertanya lagi apakah ada kewajiban lain selain itu, nabi menjawab tidak ada kecuali jika kamu ibadah sunnah, dan kemudian rojul itu mundur dan berkata demi Allah aku tidak akan menambah dan mengurangi kewajiban ini, Rasulullah berkata sjika dia benar maka dia akan beruntung.

niat-sholat-5-waktu-rumi

Larangan Waktu Sholat

Berikut Larangan dalam mengerjakan sholat lima waktu

  1. Setelah sholat subuh sampai terbitnya matahari
  2. Ketika matahari terbit sehingga bayangan matahari kira-kira satu tombak atau dua tombak
  3. Ketika matahari tepat di atas kepala sehingga tergelincir
  4. Setelah sholat asar sehingga maghrib
  5. Ketika matahari berwarna kekuning-kuningan sehingga tenggelam ( maghrib )

Beberapa Keutamaan Sholat Lima Waktu

Sholat 5 waktu adalah pembeda antara iman dan kufur, Rasulullah selalu berpesan kepada bala tentara apa bila dalam suatu desa terdengar adzan jangan di serang, dan katika nabi menyerang suatu desa Rasulullah juga terlebih dahulu mewasiatkan agar penduduk itu di ajak untuk mengesakan Allah dan mengerjakan kewajiban dalam isalm termasuk sholat, apabila mereka menolak berarti tidak ada dalil yang mengamankan mereka.

Allah SWT menjanji orang yang menjaga sholat 5 waktu masuk ke dalam sorga :

عَنِ ابْنِ شِهَابٍ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: قَالَ سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيِّبِ: إِنَّ أَبَا قَتَادَةَ بْنَ رِبْعِيٍّ أَخْبَرَهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: «إِنِّي فَرَضْتُ عَلَى أُمَّتِكَ خَمْسَ صَلَوَاتٍ وَعَهِدْتُ عِنْدِي عَهْدًا أَنَّهُ مَنْ جَاءَ يُحَافِظُ عَلَيْهِنَّ لِوَقْتِهِنَّ أَدْخَلْتُهُ الْجَنَّةَ وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهِنَّ فَلَا عَهْدَ لَهُ عِنْدِي» * رواه ابو داوود

Artinya : Rasulullah berkata baah Alah yang maha luhur berfirman , sesungguhnya aku mewajibkan umatmu sholat 5 kali, dan aku menjanji pada suatu janji, sesungguhnya barang siapa datang dengan keadaan menjaga sholat pada waktunya maka aku akan memasukan orang tersbut kedalam sorga, dan barang siapa tidak menjaga maka tidak ada janji di sisiku.

niat-sholat-5-waktu

Niat Sholat 5 Waktu

Sholat 5 waktu adalah amalan pertama kali yang di hisab di sisi Allah SWT, RAsulullah berkata :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَلَاتُهُ، فَإِنْ وُجِدَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ تَامَّةً، وَإِنْ كَانَ انْتُقِصَ مِنْهَا شَيْءٌ. قَالَ: انْظُرُوا هَلْ تَجِدُونَ لَهُ مِنْ تَطَوُّعٍ يُكَمِّلُ لَهُ مَا ضَيَّعَ مِنْ فَرِيضَةٍ مِنْ تَطَوُّعِهِ، ثُمَّ سَائِرُ الْأَعْمَالِ تَجْرِي عَلَى حَسَبِ ذَلِكَ ” * رواه النسائى

Artinya : Sesungghnya pertama kalinya amalan yang di hisab di hari kiamat adalah sholat, jika di jumpai sholatnya sempurna maka di tulis sempurna, jika ada kekurangan dalam sholatnya, Allah berfirman, lihatlah apakah kalian menjumpai ibadah sunnahnya untuk menyempurnakan kewajiban yang telah di sia-siakan, kemudian seluruh amalnya di hisab dengan demikian itu.

Sholat adalah pencegah dari kejelekan dan kemungkaran ,

اِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ} [الْعَنْكَبُوتِ: 45[

Artinya : Sesungguhnya sholat itu dari perbuatan keji dan kemungkaran, dan ingat kepada Allah itu besar.

rakaat-sholat-5-waktu

Rokaat Dalam Sholat

Sholat 5 waktu adalah tiangnya agama, ketika mereka mensia-siakan sholat maka mereka akan lebih mensia-siakan kewajiban-kewajiban lain selain sholat, karena sholat adalah tiangnya agama dan pondasinya agama, sholat adalah amalan yang paling baik seorang hamba,penolak dari keinginan dunia dan hinanya dunia,penolak dari senang pada kehidupan dunia dan berharap pada keduniaan, barang siapa yang memilih dunia maka akan jatuh dalam kehinaan pada hari kiamat.

Kiranya kita sudah tahu betapa utamanya dan polnya kewajiban sholat 5 waktu, maka sekarang tinggal bagaimana kita melaksanakan kewajiban sholat ini.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di MASJID dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s